Jakarta (ANTARA) - Huawei baru-baru ini dikabarkan telah mendaftarkan paten untuk teknologi berupa sensor sidik jari ultrasonik, yang mungkin menandakan adanya pergerakan menuju pengembangan teknologi sidik jari ultrasonik agar tak lagi bergantung pada perusahaan lain.

Kabar itu dilaporkan Gizmochina, Senin, dan disebutkan bahwa hal itu menarik karena saat ini di industri produsen ponsel mengandalkan solusi sensor tersebut dari perusahaan bernama Goodix, yang dibatasi oleh paten Qualcomm.

Sensor sidik jari ultrasonik sebenarnya bukan hal baru karena mulai dikenalkan oleh Samsung lewat ponsel andalannya Galaxy S10 pada 2019.

Baca juga: Xiaomi Mi 5S akan dibekali sensor sidik jari ultrasonik Qualcomm

Sejak saat itu Samsung pasti menggunakan teknologi tersebut pada ponsel-ponsel kelas atasnya khususnya pada seri S dan mendorong produsen lain mengikuti jejak serupa.

Adapun untuk sensor Huawei yang dipatenkan itu menjadi kabar baik karena memberikan opsi lain bagi industri. 

Paten bertajuk “Modul pengenalan sidik jari ultrasonik, sistem dan perangkat elektronik” tersebut diketahui terdaftar dengan nomor CN117058725A, dan dijelaskan memiliki desain sensor yang menjanjikan peningkatan akurasi identifikasi sidik jari.

Baca juga: Xiaomi Mi 7 bakal dibekali sensor sidik jari dalam layar

Spesifikasi paten ini meliputi rincian teknis konstruksi sensor, termasuk tumpukan elektroda umum, lapisan piezoelektrik, dan serangkaian unit elektroda piksel.

Rincian teknis menjelaskan bagaimana sensor beroperasi dalam mode transmisi dan penerimaan untuk menangkap informasi sidik jari dengan akurasi lebih tinggi.

Meskipun rincian teknisnya mungkin rumit, kesimpulan utamanya adalah bahwa paten baru Huawei mengisyaratkan ambisinya untuk mengembangkan teknologi sidik jari ultrasonik mereka sendiri, sehingga berpotensi mengurangi ketergantungan pada solusi perusahaan lain di masa depan.

Baca juga: realme C30s hadirkan sensor sidik jari samping di segmen "entry level"

Baca juga: HUAWEI rilis FreeBuds Pro 3, TWS flagship berteknologi AI

Baca juga: Huawei pamerkan rangkaian poduk high-end fashion forward di MWC 2024

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024