Semua kapal sudah menjalani uji kelaiklautan
Denpasar (ANTARA) - BUMN PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni Cabang Denpasar, Bali telah menguji kelayakan kapal yang dikerahkan untuk melayani angkutan Lebaran 2024.

“Semua kapal sudah menjalani uji kelaiklautan,” kata Kepala Pelni Denpasar Arfah Yusuf di Denpasar, Selasa.

Ada pun pelayanan rutin di Pelabuhan Benoa Denpasar oleh armada Pelni Denpasar dilayani oleh empat kapal yakni Kapal Motor (KM) Awu, Tilongkabila, Binaiya dan KM Leuser.

Masing-masing kapal tersebut memiliki kapasitas penumpang hingga sekitar 1.000 orang penumpang.

Ada pun uji kelaiklautan kapal operasional Pelni Denpasar itu salah satunya dilaksanakan terakhir untuk KM Tilongkabila di Pelabuhan Benoa pada 10 Maret 2024.

Sedangkan kapal motor lainnya yakni KM Awu dan Leuser sudah menjalani uji kelaiklautan di Surabaya dan untuk KM Binaiya sedang dalam proses perawatan (docking) di Cirebon

Rute Pelni Denpasar dari Pelabuhan Benoa meliputi kota-kota di kawasan Indonesia Timur.

Ia mengharapkan calon penumpang dapat membeli tiket kapal menggunakan aplikasi daring Pelni Mobile yang lebih mudah dan efisien.

Sementara itu, secara nasional Pelni menyediakan 19 kapal untuk melayani program mudik gratis pada angkutan Lebaran 2024.

Program mudik dengan kapal Pelni yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut total menyediakan tempat untuk 13.012 penumpang dengan berbagai tujuan.

Namun, untuk rute dari dan menuju Pelabuhan Benoa, Bali, tidak termasuk bagian dari kapal yang melayani angkutan mudik gratis.

Total ada 30 lintas pelayaran mudik gratis angkutan Lebaran 2024 di tanah air.

Adapun periode perjalanan paling awal untuk angkutan mudik gratis akan berlangsung pada 27 Maret 2024 dengan kuota mudik gratis terbatas.

Mengingat rute yang paling banyak dilayani Pelni Denpasar melalui Pelabuhan Benoa Denpasar menuju Indonesia Timur sehingga arus penumpang saat Lebaran diperkirakan tidak signifikan dibandingkan pada momen Natal dan tahun baru.

Baca juga: Pelni sediakan 19 kapal layani mudik gratis Lebaran 2024
Baca juga: Pelni Ambon optimalkan kapal perintis untuk transportasi Lebaran
Baca juga: Pelni layani 30 trayek kapal perintis di 18 wilayah pada 2024


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024