Jakarta (ANTARA News) - Artis sekaligus penyanyi dan desainer muda,Risty Tagor memamerkan desain busana muslim dengan motif batik Batak dalam pagelaran bertajuk "Masterpiece of Batik Ethnic" di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2014, Rabu.

Dalam pagelaran desain pertamanya ini Risty menampilkan 16 model busana yang terdiri dari tiga motif batik Batak yakni motif sulur-suluran atau akar pohon yang merambat, motif geometri modern dan motif ulos.

Ke 16 model busana ini terbagi atas tiga nuansa warna, yaitu Gorga Colourful, untuk mereka yang energik dan ceria. Nuansa warna yang digunakan antaranya biru langit, merah muda, kuning dan oranye.

Gorga Mature untuk mereka yang mencintai warna alam dan gaya yang simpel; dan Gorga Glam untuk mereka yang menyukai warna-warna glamour seperti warna emas. Risty memilih tema "Gorgeous Gorga" dalam pagelaran kali ini.

Gorgeous Gorga merupakan motif batik Batak yang dituangkan dalam sentuhan desain busana muslim. Gorga sendiri dalam bahasa Batak berarti motif.

Dalam karyanya kali ini, Risty mengaku sengaja memilih motif batak karena sesuai dengan daerah asalnya. Kain-kain yang digunakan untuk desain kali ini yaitu Sutra Chifon, Sutra Krep, Thai silk katun dan Chifon.

Pada pagelaran pertama desain, Risty mengaku mengerjakan semua bagian dalam karya desain pertamanya ini, seperti gambar dan material bahan.

"Jadi kali ini mulai dari gambar, material batik inipun semua Aku yang desain," katanya dalam jumpa pers di Jakarta.

Dalam pagelaran bertajuk Masterpiece of Batik Ethnic di JFW 2014 ini, koleksi desain busana Risty tampil bersama dengan koleksi desain dua perancang lain yakni Qonita Gholib dan Tika Huza. Melalui pagelaran bertajuk Masterpiece of Batik Ethnic ini ketiganya ingin menonjolkan kecantikan dan keetnikan ragam batik yang pada masing-masing koleksinya memiliki ciri khas tersendiri.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013