Jakarta (ANTARA) - Psikolog Klinis Dewasa lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Nirmala Ika mengatakan stres merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, dan terkadang orang sekitarnya dapat membantu dengan cara sederhana namun berarti, seperti dengan mendengarkan ceritanya tanpa menghakimi.

Mendengarkan curahan hatinya dan memberikan dukungan emosional dapat menjadi awal yang baik dalam membantu orang yang sedang dilanda banyak masalah hingga menyebabkan stres.

“Yang bisa kita lakukan dulu adalah mendengarkan dengan tidak menghakimi. Kalau memang kita ngerasa kesulitan untuk bantu dia, beri saran untuk cari bantuan ke yang lebih profesional,” kata Ika kepada ANTARA, Selasa.

Baca juga: Kiat mengelola stres dalam menjalani peran sebagai orang tua

Lebih lanjut, Ika mencontohkan jika seseorang mengalami masalah judi dan tidak dapat mengontrol dirinya, sebagai orang di sekitarnya mungkin tidak dapat langsung membantu dalam mengatasi masalah itu. Namun, masih dapat memberikan dukungan kepada keluarganya, seperti menyadarkan konsekuensi dari perilaku tersebut dan memberikan dukungan moral.

Dalam kasus-kasus yang lebih sulit, seperti masalah kesehatan mental atau depresi, orang sekitar juga dapat membantu keluarganya dalam menghadapi orang yang dilanda stres. Misalnya, Ika mencontohkan jika ada anggota keluarga yang menderita skizofrenia dan sulit untuk mengendalikan perilaku impulsifnya, sebagai orang sekitar dapat membantu keluarga untuk mengidentifikasi tanda-tanda bahaya dan mencari bantuan saat dibutuhkan.

Baca juga: Perubahan perilaku akibat stres tanda remaja perlu bantuan orang lain

“Harus aware, termasuk membantu keluarga untuk bisa melihat ini itu bukan hal yang normal, bukan hal-hal yang seharusnya diterima gitu kan, tapi kadang mereka (keluarga) sudah biasa hidup bareng itu jadi diwajarkan, cuma mungkin lama-lama bisa makin membahayakan gitu,” ujar Ika.

Dengan mendengarkan dan mendampingi, orang-orang yang sedang mengalami stres dapat terbantu untuk menemukan jalan keluar dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Ika menambahkan langkah-langkah sederhana tersebut dapat memberikan dampak yang besar dalam membantu orang yang sedang menghadapi masalah hingga menimbulkan stres.

Baca juga: Psikiater: Stres berkepanjangan sebabkan orang mudah sakit

Baca juga: Tiap orang butuh 20 menit untuk "me time"

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024