Jakarta (ANTARA) - Saat bulan Ramadhan, masyarakat cenderung mencari berbagai menu minuman manis untuk buka puasa, Tokopedia pun mencatat berbagai minuman dingin sebagai takjil buka puasa mengalami kenaikan penjualan yang signifikan selama awal bulan Ramadhan 2024 dibandingkan dengan periode yang sama di bulan sebelumnya. 

"Hal ini juga terbukti dari data internal Tokopedia yang mencatat subkategori Minuman menjadi salah satu produk yang paling laris di kategori Makanan dan Minuman, khususnya selama awal bulan Ramadan 2024," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz melalui keterangan tertulis, Rabu. 

Baca juga: Warga Benhil kembali semarakan Ramadhan dengan penjualan takjil

Misalnya, jus buah secara nasional mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia hingga lebih dari 1,5 kali lipat di awal bulan Ramadhan 2024. Sedangkan untuk di Jawa Barat, penjualan jus buah juga naik lebih dari 4 kali lipat dan di Kota Bandung penjualan jus buah naik lebih 3,5 kali lipat.

Ada pula, es cendol, salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat, yang turut mengalami kenaikan hampir 3 kali lipat secara keseluruhan di Tokopedia saat awal bulan Ramadhan 2024. Bahkan penjualan es cendol di Jawa Barat juga naik hampir 3 lipat di Jawa Barat dan naik 6 kali lipat khususnya di Kota Bandung.

Baca juga: Melihat kepadatan warga di lokasi penjualan takjil di Jakarta Timur

Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa seperti es kopyor, meningkat lebih dari 3 kali lipat secara keseluruhan di Tokopedia. Sedangkan di Jawa Barat, penjualan es kopyor melonjak 4 kali lipat dan di Kota Bandung mengalami kenaikan lebih dari 2 kali lipat.

"Kolak pisang juga sangat populer untuk dijadikan menu takjil di bulan Ramadhan. Selama awal bulan Ramadhan 2024, penjualan kolak pisang secara nasional di Tokopedia mengalami lonjakan hingga 21 kali lipat. Di Jawa Barat sendiri, penjualan kolak pisang pun mencapai 29 kali lipat," ujar Rizky.

Baca juga: BBPOM Makassar sidak penjualan takjil di kawasan kuliner

Baca juga: Lapangan Saburai Jadi Tempat Penjualan Makanan Takjil

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024