"Apalagi, momentum Ramadhan ini telah menjadi perhatian serius bagi Polda Maluku Utara dalam upaya menjaga ketertiban dan keselamatan,"
Ternate (ANTARA) - Direktorat Samapta Polda Maluku Utara diterjunkan untuk membantu Satlantas setempat, terutama dalam melakukan pengaturan lalu lintas, sebab, aktivitas masyarakat yang semakin meningkat di bulan suci Ramadhan.

"Apalagi, momentum Ramadhan ini telah menjadi perhatian serius bagi Polda Maluku Utara dalam upaya menjaga ketertiban dan keselamatan," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Rabu.

Dia menjelaskan pengaturan lalu lintas yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan selama bulan suci Ramadan.

Selain melakukan pengaturan lalu lintas, petugas juga memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara. Keselamatan menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Polda Malut selama bulan Ramadan.

Dia menambahkan, tingginya arus lalulintas di sekitar Kota Ternate menjelang waktu buka puasa menimbulkan kemacetan di beberapa titik.

Menyikapi hal ini, Direktorat Lalulintas dan Direktorat Samapta Polda Maluku Utara menurunkan personel untuk mengatur lalulintas.

Sehingga, peningkatan pengaturan lalulintas dilakukan selama bulan Ramadhan guna mengantisipasi serta mengurangi kemacetan yang sering terjadi menjelang buka puasa.

Bahkan, berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat banyak masyarakat berbondong-bondong menuju tempat-tempat penjualan takjil menjelang waktu berbuka.

Upaya pengaturan lalulintas bertujuan untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat serta mencegah kemacetan akibat peningkatan aktivitas tersebut.

Lebih lanjut, upaya ini diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat dalam menjalani ibadah puasa

Bambang juga menekankan pentingnya kesadaran berlalu lintas yang baik, seperti menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan menghindari kecepatan berlebihan.

Diharapkan, dengan adanya pengaturan lalu lintas dan peningkatan kesadaran berlalu lintas, akan dapat mengurangi angka kecelakaan dan memastikan keamanan selama bulan Ramadan.

"Polda Malut juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman selama bulan Ramadan. Hal ini penting untuk menjaga keberkahan dan kedamaian selama menjalankan ibadah puasa," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024