Uang rupiah baru yang kami siapkan untuk lebaran 2024 ini senilai Rp1,6 Triliun, yang tersebar di 15 titik kas
Pangkalpinang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan uang baru sebanyak Rp1,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukarkan uang menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Seluruh Bank Indonesia melaksanakan kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan (Serambi) karena ini merupakan agenda rutin setiap tahun dengan menyiapkan penukaran uang rupiah baru untuk kebutuhan Idul Fitri," kata Kepala BI Babel Rommy Sariu Tamawiwy di Pangkalpinang, Rabu.

Dia menjelaskan, program Serambi merupakan pelayanan terdepan yang dilakukan BI untuk melayani masyarakat dalam momentum Ramadhan untuk penukaran uang rupiah baru dalam menyambut Idul Fitri.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dimulai melalui peluncuran Serambi 2024 yang tahun ini mengusung tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah, untuk wilayah Babel kegiatan Serambi 2024 dilaksanakan di Alun-alun Kota Pangkalpinang 20-21 Maret 2024.

Serambi merupakan bentuk kepedulian BI dalam rangka mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan wujud perhatian BI untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat.

Untuk penukaran uang rupiah baru ini BI melibatkan sejumlah bank umum hingga ke kabupaten dan kota dan juga ikut membuka layanan dengan kas keliling.

"Uang rupiah baru yang kami siapkan untuk lebaran 2024 ini senilai Rp1,6 Triliun, yang tersebar di 15 titik kas," katanya.

Bank Indonesia menjamin uang layak edar dengan bandingan uang lusuh, uang rusak dan uang layak edar.

"Ini menjadi program keberhasilan yang di lakukan BI, dimana masyarakat Indonesia untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah," katanya.

Penjabat Gubernur Babel Safrizal ZA mengatakan program Serambi wujud komitmen dari BI untuk memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

"Kami menyambut baik acara ini. khususnya dalam mendukung aktivitas ekonomi, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menukarkan uang kebutuhan Idul Fitri 2024," katanya.

Baca juga: BI-Pemprov Babel mengembangkan program kemandirian ekonomi pesantren
Baca juga: BI Babel menyiapkan 32 loket penukaran pecahan uang baru
Baca juga: BI Babel bersama MUI mendorong pelaku UMKM urus sertifikasi halal

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024