Sebanyak 32 loket tersebut disiapkan di 22 lokasi di Pangkalpinang dan 10 lokasi di wilayah Belitung.
Pangkalpinang (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan sebanyak 32 loket penukaran uang pecahan baru selama Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Sebanyak 32 loket tersebut disiapkan di 22 lokasi di Pangkalpinang dan 10 lokasi di wilayah Belitung, kami juga bekerja sama dengan sejumlah bank yang ada di daerah ini untuk membuka layanan penukaran uang pecahan baru," kata Kepala Perwakilan BI Babel Faturachman, di Pangkalpinang, Selasa.

Dalam kegiatan layanan penukaran uang rupiah pecahan baru ini, BI Babel telah menyiapkan uang pecahan baru sebanyak Rp1,2 triliun.

"Bank Indonesia berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat akan pecahan uang baru dalam kondisi layak edar untuk mendukung stabilitas dan transaksi perekonomian agar berjalan dengan baik," katanya pula.

Ia mengatakan Rp1,2 triliun pecahan uang baru ini akan beredar di Pulau Bangka Rp918 miliar dan di Pulau Belitung Rp282 miliar.

BI Babel juga bekerja sama dengan perbankan untuk membuka loket penukaran uang baru di 32 titik yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 13 April 2023.

Masyarakat dapat menikmati layanan penukaran uang ini dengan mengunjungi kas keliling atau langsung ke loket penukaran uang yang disediakan.

"Penukaran dapat dilakukan dengan mendaftar melalui website pintarbi.go.id, sehingga masyarakat cukup membawa uang tunai saja saat di loket penukaran," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan penukaran uang pecahan baru di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri ini dilakukan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu strategi BI untuk menjamin uang rupiah baru yang disiapkan dalam kondisi layak edar, tepat waktu dan ketersediaannya cukup.

Pada 10 hingga 13 April 2023 seluruh loket penukaran uang pecahan baru yang disiapkan akan diberikan spanduk atau plang tanda penukaran.

"Kami juga menyiapkan kas keliling khusus dalam Kota Pangkalpinang, tim kami akan melakukan kas keliling, diawali hari ini di Pasar Modern Koba, Pulau Lepar Pongok, dan Pasar Toboali," ujarnya lagi.
Baca juga: BI Babel fasilitasi UMKM binaan ekspor lada ke Australia dan Filipina
Baca juga: BI Babel bersama MUI mendorong pelaku UMKM urus sertifikasi halal

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023