Jakarta (ANTARA) - Sekitar 150 petenis dari berbagai negara di kawasan Asia turut menyemarakkan turnamen tenis junior internasional Sportama Asian Tennis Series 2024 yang berlangsung selama dua pekan di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta pada 17-31 Maret 2024.

Turnamen yang diinisiasi oleh Sportama Tennis Institute itu merupakan turnamen dengan level Federasi Tenis Asia (ATF) yang menjadi ajang tanding antar petenis junior Asia.

"Ini adalah sumbangsih Sportama untuk meningkatkan prestasi tenis nasional Indonesia," kata tehnical advisor Sportama Tennis Institute Paul Sindhunata dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selain menggulirkan kategori Kelompok Umur (KU) 14 tahun putra dan putri, Sportama Asian Tennis Series juga menandingkan KU 16 tahun putra untuk kali pertama di Indonesia.

Kategori 14 & Under putra dan putri bakal berlangsung dalam dua seri, sementara 16 & Under hanya menggelar sektor putra satu seri pada pekan kedua. Setiap kelompok itu akan memainkan dua nomor, baik tunggal maupun ganda.

"Turnamen ini memberi kesempatan petenis junior Indonesia untuk merasakan persaingan tenis internasional di tingkat Asia," ujar direktur turnamen Susan Soebakti, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Perwasitan dan Kepelatihan Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti).

Baca juga: Timnas U14 putri berlaga di kualifikasi ITF World Junior Tennis

Merujuk acceptance list di laman resmi ATF, para petenis belia tersebut hadir dari sepuluh negara yakni Kazakhstan, Srilanka, India, Hongkong, Tiongkok, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Andalan tuan rumah Johanna Nesya Rose Jaya menempati unggulan teratas tunggal KU 14 sektor putri. Petenis asal Sukoharjo, Jawa Tengah, itu saat ini bercokol di peringkat ke-50 Asia.

Demikian pula di sektor putra, Ethan Jake Frans dari Jakarta yang bertengger di urutan ke-53 Asia menempati posisi unggulan pertama.

Pada ajang serupa tahun lalu, wakil tim Merah Putih mendominasi podium juara tunggal. Gwen Emily Kurniawan memboyong gelar juara tunggal putri pekan pertama, sementara Asyifa Khansa mencuat pada seri kedua.

Di sektor putra, gelar juara tunggal putra pekan pertama menjadi milik Muhammad Azka.

Turnamen tersebut menggunakan sistem monrad, di mana setiap petenis akan terus bertanding hingga mendapatkan posisi akhir mereka di babak utama. Dengan drawing seperti itu, semua peserta bisa memperkaya pengalaman bertanding di level internasional.

Sportama Asian Tennis Series 2024 menyediakan 32 slot babak utama tunggal. Dengan demikian setiap peserta ajang tersebut bakal memainkan lima pertandingan tunggal dalam satu seri turnamen.


Baca juga: Timnas U14 putri juarai prakualifikasi World Junior Tennis di Colombo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024