Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri ingin memaksimalkan peluang mereka sebagai unggulan pertama pada turnamen Swiss Open 2024, yang bergulir pada pekan ini di Basel.

Adapun Bagas/Fikri mengikuti turnamen BWF Super 300 ini demi bisa menambah perolehan poin kualifikasi menuju Olimpiade 2024 Paris

“Peluang ke Olimpiade masih terbuka, kami berdua hanya bisa berusaha semaksimal mungkin agar bisa lolos ke sana,” kata Fikri, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Rabu.

Meski turun sebagai unggulan pertama, pasangan yang kini berada di peringkat sembilan pada daftar Race to Paris pada pekan ini, mengaku tidak ingin lengah dan akan berusaha untuk fokus dan konsisten demi bisa melangkah jauh ke babak final.

“Kans untuk masuk final di sini setiap pasangan pasti selalu ada, sebagai unggulan pertama kami harus bisa memanfaatkan kesempatan ini,” ujar Fikri.

Pada hari kedua Swiss Open 2024, Bagas/Fikri menang atas ganda putra China Huang Di/Liu Yi, 21-16, 21-18 di babak 32 besar. Dengan ini, Bagas/Fikri akan bertemu dengan wakil Taiwan Ming Che Lu/Tang Kai Wei di babak 16 besar, Kamis (21/3).

“Alhamdulillah diberikan kemudahan dan kelancaran, pertandingannya berjalan cukup ketat dan mereka pun bermain cukup baik tapi alhamdulillah kami bisa mengatasinya,” kata Fikri.

Sementara itu, ganda putra lainnya yakni Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani juga melangkah ke babak kedua setelah menang atas wakil Irlandia Joshua Magee/Paul Reynolds.

Di sisi lain, ganda putri unggulan ketiga Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi juga membukukan kemenangan di babak pertama, atas pasangan Natasja P. Anthonisen (Denmark)/Alyssa Tirtosentono (Belanda) 21-16, 20-22, 21-18.

Dari 13 wakil yang akan berlaga pada hari ini, baru dua wakil saja yang harus tersingkir dari Swiss Open 2024. Juara Orleans Masters 2024 Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose kalah dari unggulan keenam asal India Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa 18-21, 21-12, 19-21.


Baca juga: 13 wakil Indonesia awali perjuangan pada hari kedua Swiss Open

Sementara, ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah juga menelan kekalahan di babak pertama dari pasangan Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo 15-21, 19-21.

Beberapa wakil Indonesia lainnya yang akan berlaga pada hari ini antara lain tunggal putri unggulan kedua Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putra Alwi Farhan, hingga ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sejauh ini, sudah ada empat wakil Indonesia di babak 16 besar Swiss Open 2024, yaitu ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, serta tiga pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.


Baca juga: Apri/Fadia hingga Leo/Daniel amankan tempat di babak kedua Swiss Open

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024