Bagi yang mengakses layanan nontatap muka melalui pelayanan administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.
Kediri (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kediri, Jawa Timur bekerja sama Dinas Kesehatan Kota Kediri tetap memberikan layanan saat cuti bersama dan libur Lebaran pada 8 -15 April 2024.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri Tutus Novita Dewi mengemukakan BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Komitmen tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

"Prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia," katanya di Kediri, Rabu.

Ia menjelaskan peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, juga dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

Bagi yang mengakses layanan nontatap muka melalui pelayanan administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

"Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," kata Tutus.

Tutus juga menambahkan pihaknya telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka transformasi mutu layanan.

"Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi," kata Tutus.

Peserta JKN, kata dia, juga dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Peserta JKN dapat mengakses melalui aplikasi mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Tutus juga mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," kata Tutus.

Untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal sebagai peserta mandiri, juga diimbau untuk rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif. BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr Muhammad Fajri Mubasysyir mengatakan tim medis siaga penuh. Saat libur Lebaran 2024 baik puskesmas serta dari sakit pemerintah siaga.

"Tim medis kami siaga dengan melibatkan puskesmas serta dua rumah sakit pemerintah. Untuk puskesmas di Kediri ada sembilan, enam puskesmas siaga pagi mulai jam 08.00 WIB hingga jam 11.00 WIB," kata dia.
Baca juga: Pemkab Kediri capai UHC dengan 96,48 persen kepesertaan JKN
Baca juga: BPJS Kesehatan Kediri anjurkan dokter buka praktik di pinggiran kota
Baca juga: BPJS Kesehatan Kediri ajak peserta lakukan penapisan riwayat kesehatan

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024