Jakarta (ANTARA News) - Pasar personal computer (PC) pada kuartal ketiga tahun ini turun, dengan total pengiriman ke seluruh dunia hanya 80,3 juta unit, 8,6 persen lebih rendah dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Konsumen beralih dari PC ke tablet untuk konsumsi konten harian, sehingga permintaan PC baik di pasar matang maupun yang sedang tumbuh terus turun, menurut perusahaan riset Gartner Inc dalam laporannya awal bulan ini.

Ketersediaan secara luas tablet-tablet Android murah telah menarik pengguna-pertama di pasar berkembang, dan hanya sebagai perangkat suplemen (tambahan) di pasar yang sudah matang.

"Kuartal ketiga ini sering dirujuk sebagai kuartal 'back to school' untuk penjualan PC, dan penjualan kuartal itu jatuh ke volume terendahnya sejak 2008," kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner.

HP dan Lenovo merupakan dua perusahaan yang berada di puncak pasar PC global, Lenovo memimpin pada kuartal terakhir, tapi sesi penjualan musim libur mendatang akan menjadi kunci pertempuran untuk kedua perusahaan.

Lenovo merebut 17,6 persen pengiriman PC global pada kuartal ketiga, dan HP meraih 17,1 persennya, menurut data Gartner.

Del menempati posisi ketiga dengan mengirimkan 9,3 juta unit lebih atau menguasai 11,6 persen pangsa pasar pada kuartal yang sama.

Berlanjutnya pelemahan di pasar China telah mempengaruhi pertumbuhan Lenovo secara keseluruhan. Namun, pertumbuhan yang kuat di Amerika, juga Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA), telah menutup penurunan pengiriman PC Lenovo di pasar Asia Pasifik.

HP mencatat pertumbuhan positif dalam pengiriman kuartal ketiga 2013, untuk pertama kalinya sejak kuartal pertama 2012.

Terkecuali di Amerika Latin, pertumbuhan HP melebihi pertumbuhan rata-rata di semua wilayah, demikian Gartner melaporkan.

Pewarta: Suryanto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013