Jakarta (ANTARA) - Umat muslim seluruh dunia merayakan Ramadan dengan harapan mendapat keberkahan penuh. Selain sebagai momen untuk mendekatkan diri secara spiritual, Ramadan juga jadi awal perjalanan baru. Salah satunya, memulai perjalanan untuk mendapatkan rumah baru.

Di bulan Ramadan ini pula, BRI hadir untuk membantu masyarakat mewujudkan mimpi itu. BRI hadir dengan fasilitas pinjaman yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mewujudkan hunian impian melalui KPR BRI. Menjawab kebutuhan masyarakat memainkan peran penting dalam membantu masyarakat melalui penawaran suku bunga kompetitif, tenor fleksibel, dan proses pengajuan yang cepat.

Hanya saja kamu tidak boleh gegabah, setidaknya ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Apa saja?

Baca juga: BRI Prioritas sabet penghargaan di Asia Trailblazer Awards 2024

1. Persiapan Keuangan

Sebelum memulai proses pembelian rumah, penting untuk melakukan persiapan keuangan yang matang. Hal ini meliputi mengevaluasi keuangan pribadi, menabung untuk dana muka, dan merencanakan anggaran untuk cicilan bulanan serta biaya-biaya tambahan seperti pajak dan asuransi.

Sebaiknya, persiapkan dana yang cukup untuk down payment. Semakin besar dana muka yang diberikan, semakin rendah pula jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Jadi, cicilan bulanan KPR tidak terlalu besar.

2. Pengecekan kelayakan kredit

Pengecekan kelayakan kredit jadi salah satu langkah krusial saat proses pembelian rumah. Sayangnya, tahap ini sering diabaikan banyak orang. Pengecekan kelayakan kredit melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi finansial kamu, termasuk penghasilan, utang, dan catatan kredit.

Dengan meninjau penghasilan dan utang secara cermat, serta memastikan catatan kredit yang baik, kamu dapat mengetahui besaran pinjaman yang dapat diperoleh dari bank seperti BRI. Langkah ini akan membantu kamu mengatur ekspektasi dan meminimalkan risiko penolakan kredit.

Baca juga: BRI raih enam penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

3. Pemilihan hunian yang sesuai

Saat memilih hunian yang sesuai, pertimbangkanlah berbagai faktor seperti lokasi, ukuran, fasilitas, dan harga. Lakukan pencarian cermat dan kunjungi beberapa properti sebelum membuat keputusan akhir.

Pastikan kamu memilih hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, ya. Jadi, kamu bisa menempatinya dengan aman, nyaman, dan tenang tanpa beban pikiran cicilan.

Untuk pencarian rumahnya, kamu dapat coba cari rumah dengan informasi yang lengkap melalui homespot.id. Platform ini merupakan one stop housing marketplace yang memudahkan kamu dalam mencari hunian impian.

4. Strategi pembiayaan yang bijaksana

Suku bunga, tenor, dan biaya tambahan yang terkait dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) harus diperhatikan. Jadi, pastikan untuk memperhitungkan secara cermat kemampuan Anda untuk membayar cicilan bulanan serta memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang berlaku dalam proses pengajuan KPR.

Untungnya, saat ini KPR BRI memberikan suku bunga 5 persen fixed 3 tahun.

Baca juga: BRI jadi merek bank paling berharga di Indonesia

Selain mencari informasi mengenai hunian impian, di homespot.id kamu bisa mencoba kalkulator KPR. Hanya perlu masukkan harga properti, jumlah uang muka, memasukkan suku bunga, dan lama pinjaman. Nantinya, Kalkulator KPR akan memberikan simulasi dengan detail angsuran yang lengkap, bahkan bisa diunduh.

Pastinya cara ini bisa bikin kamu lebih #MudahCepatPunyaRumah baru di bulan Ramadan dan kamu udah nggak nggak perlu ragu lagi memiliki hunian impian. Yuk #MelangkahKeRumahSendiri bersama #KPRBRI melalui Homespot.id.

Baca juga: BRI berikan hadiah mobil dan emas kepada AgenBRILink sebagai bentuk apresiasi

Baca juga: BRI Finance bukukan laba bersih Rp101,89 miliar pada 2023


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024