peningkatan rasio desa berlistrik merupakan bagian program pemerintah dan PLN agar masyarakat bisa menikmati listrik
Makassar (ANTARA) - Bupati Pangkep, Sulsel Muhammad Yusran Lalogau (MYL), mengatakan, program Surya Untuk Negeri (SuperSUN) PT PLN Persero siap hadir untuk wilayah Kepulauan Pangkep.

Bupati MYL melalui keterangannya diterima di Makassar, Kamis, mengatakan, SuperSUN yang merupakan program dari PLN tersebut, pada tahap awal ini akan fokus untuk fasilitas umum dan fasilitas kesehatan.

"Untuk tahap awal, superSUN PLN akan diutamakan pada fasilitas umum seperti di kantor camat, lurah, desa dan juga pada fasilitas kesehatan selanjutnya masuk ke sekolah," katanya saat menerima audiensi rombongan Manager PLN UP3 Makassar Utara.

SuperSUN merupakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang telah dimodifikasi dan dapat ditempatkan di rumah.

Dirinya meminta program ini bisa disampaikan dan diperlihatkan kepada masyarakat bahwa ada suatu program dari PLN bagi masyarakat kepulauan.

"Jadi nanti masyarakat dapat melihat (informasi) program ini di fasilitas-fasilitas umum, disampaikan saja kepada masyarakat kalau berkenan silahkan dikonfirmasi kepada pemerintah setempat, desa/kelurahan agar dapat diusulkan ke PLN untuk mendapatkan program ini," ujarnya.

Baca juga: Rasio elektrifikasi Sulsel capai 98,7 persen
Baca juga: ESDM: Rasio elektrifikasi BPBL capai 99,74 persen secara nasional


Sementara itu, Manager PLN UP3 Makassar Utara Alexander J Manuhua menyampaikan, SuperSUN program pemerintah melalui PLN hadirkan listrik wilayah pulau yang belum menikmati listrik.

SuperSUN suatu perangkat listrik yang bervariasi sesuai kapasitas daya, 450, 900 hingga 1.300.

"SuperSUN suatu program peningkatan rasio elektrifikasi dan peningkatan rasio desa berlistrik merupakan bagian program pemerintah dan PLN agar masyarakat bisa menikmati listrik," katanya.

Tahap awal, sebanyak 20 akan siap dikirim. Terkait pemasangan, PLN melakukan koordinasi dengan Pemkab Pangkep.

Setelah audiensi dan berdiskusi, dilakukan penandatangan kesepakatan bersama pajak barang dan jas tertentu (PBJT) atas tenaga listrik antara Pemda Pangkep dengan PT. PLN Persero UP3 Makassar Utara.

Baca juga: Lewat program SuperSUN, PLN juara SDG Innovation Summit 2023 di AS
Baca juga: Srikandi PLN nyalakan listrik warga prasejahtera di Sulsel
Baca juga: Sejumlah petani Sulsel untung berkali lipat dengan gunakan listrik PLN

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024