Ada yang diaspal 200 meter, dan ada yang 100 meter, dan juga penambalan jalan-jalan yang berlubang
Batusangkar (ANTARA) - Empat ruas jalan provinsi di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat yang sering dikeluhkan pengendara karena dalam kondisi rusak mulai diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Tanah Datar Ten Fery di Batusangkar Kamis mengatakan, empat ruas jalan tersebut meliputi ruas jalan Ombilin-Batusangkar dengan anggaran Rp7 miliar.

Kemudian ruas jalan Baso-Batusangkar, ruas jalan Kubu Kerambil-Batusangkar, dan Payakumbuh-Setangkai yang masing-masing dianggarkan Rp1 miliar.

"Empat ruas jalan itu dilakukan perawatan atau patching dan ditargetkan siap pengerjaannya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya.

Ten Fery menjelaskan, khusus untuk jalan Ombilin-Batusangkar dianggarkan lebih besar karena bukan patching melainkan ada yang diaspal baru dengan panjang bervariasi.

"Ada yang diaspal 200 meter, dan ada yang 100 meter, dan juga penambalan jalan-jalan yang berlubang," katanya.

Dia juga menyebutkan, perbaikan empat ruas jalan itu telah mulai pengerjaannya sejak awal Ramadhan lalu, dengan berangsur-angsur dan di targetkan selesai menjelang akhir Ramadhan nanti.

Selain itu, Pemkab Tanah Datar juga tengah mengusulkan beberapa ruas jalan untuk diperbaiki melalui dana Inpres.

Ruas jalan tersebut di antaranya jalan Lubuk Mata Kucing ke Singgalang dan tembus ke Pandai Sikek, ruas jalan Sikaladi (Pariangan) ke Pakan Rabaa (Sabu), dan satu perbaikan jembatan di Nagari Lubuk Jantan, Lintau Buo Utara.

Selain perbaikan jalan dan jembatan, kata Ten Fery, pada tahun ini pihaknya juga melakukan rehab jaringan irigasi di beberapa nagari di Tanah Datar.

"Diantara irigasi di Nagari Bungo Tanjung dan Batu Taba, Kecamatan Batipuh, di Parambahan Kecamatan Lima Kaum, dua titik di Kecamatan Rambatan, dan di Kecamatan Tanjung Emas," kata dia.*
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024