Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menargetkan sebanyak 251 ruas jalan kabupaten di Purbalingga, Jawa Tengah, akan segera menjalani pemeliharaan berkala dan rutin pada tahun 2023.

Saat Penyampaian Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 dan 4 Raperda Lainnya dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Purbalingga di Ruang Rapat DPRD, Selasa, Bupati mengatakan perbaikan 251 ruas jalan tersebut masuk pada Perubahan APBD 2023 dengan anggaran sebesar Rp19,9 miliar.

Ia mengatakan pada tahun 2023, ruas jalan kabupaten di Purbalingga yang dalam kondisi mantap mencapai 73,12 persen atau sepanjang 649,397 kilometer.

Dalam hal ini, kata dia, perlu diketahui bahwa rata-rata tingkat kemantapan jalan kabupaten/kota di Indonesia adalah sebesar 66 persen.

"Hal ini menunjukkan bahwa setiap daerah saat ini mengalami permasalahan jalan yang sama," katanya.

Ia mengharapkan dengan ketersediaan anggaran sebesar Rp19,9 miliar tersebut akan mampu meningkatkan kondisi jalan mantap di Purbalingga menjadi 74,5 persen.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan pada Perubahan APBD 2023, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga mulai mempersiapkan penyusunan perencanaan jalan untuk perencanaan jalan tahun 2024.

"Adapun anggaran penyusunan perencanaan jalan tahun 2024 adalah kegiatan untuk mencukupi readiness criteria (kriteria kesiapan, red.) usulan DAK dan Inpres jalan, dengan besaran anggaran sebesar Rp440 juta menyusun perencanaan 10 ruas jalan," jelasnya.

Berdasarkan data, pekerjaan konstruksi tahun 2023 di Purbalingga yang harus melalui mekanisme tender sebanyak 57 paket, 53 paket di antaranya sudah masuk tender termasuk di dalamnya 46 paket yang sudah selesai tender. 


Baca juga: Purbalingga siap pangkas waktu pelayanan perizinan investasi


 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023