Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan sebagian besar jalan di wilayah Purwakarta dalam kondisi baik dan sudah siap dilintasi pemudik pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Purwakarta Ryan Oktavia, saat dihubungi di Purwakarta, Jumat menyampaikan bahwa sejak awal tahun pihaknya telah melakukan pemeliharaan jalan.

Atas hal tersebut, pada musim mudik Lebaran tahun ini kondisi jalan di Purwakarta sudah siap dilintasi pemudik.

Menurut dia, ada sejumlah titik di Purwakarta yang akan menjadi jalur mudik Lebaran. Di antaranya jalan arteri Purwakarta-Bandung dan jalan arteri Purwakarta-Subang.

Selain itu, ada juga ruas Jalan Sadang-Cibungur yang merupakan jalan penghubung Purwakarta-Karawang, ruas jalan penghubung Purwakarta-Cianjur serta ruas jalan Wanayasa-Sawit yang menjadi jalur penghubung Purwakarta-Bandung Barat.

Ryan menyampaikan bahwa sejumlah ruas jalan itu kondisinya relatif baik dan sudah bisa dilewati pemudik pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Ia menyebutkan, hingga akhir tahun 2023 lalu terdapat 80 Kilometer jalan yang mengalami rusak ringan dan 54 Kilometer yang alami rusak berat.

Terkait kondisi jalan itu, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Purwakarta telah melakukan perbaikan sejak awal tahun 2024.

"Khusus menjelang musim mudik lebaran, sisa perbaikan jalan dilakukan di titik-titik jalur mudik," katanya.

Selain itu, juga dilakukan perbaikan jalan yang akan menjadi jalur objek wisata di Purwakarta.

"Kami akan terus berupaya melakukan perbaikan sisa-sisa jalan yang masih rusak. Diharapkan perbaikannya segera tuntas sebelum memasuki musim mudik lebaran," katanya. 

Baca juga: Kementerian PUPR pastikan jalur mudik di Sukabumi bebas lubang

Baca juga: BI sediakan layanan penukaran uang rupiah di jalur mudik

Baca juga: Polda Lampung petakan titik rawan kecelakaan pada jalur mudik

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024