Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta seluruh warga negara Indonesia untuk bisa move on dan kembali menuju persatuan usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mengumumkan pemenang dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Langkah itu menurutnya diperlukan agar cita-cita pembangunan Indonesia sebagai negara maju bisa kembali dilanjutkan dan diwujudkan dengan lebih cepat.

"Kami mengimbau pilpres ini kan sudah usai jadi masyarakat kami harapkan untuk move on. Dan saya yakin masyarakat sudah move on lah. Pilpres 2024 ini sudah selesai mari kita bersatu kembali membangun negara kita," kata Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga: Menkominfo ajak pemuda tangkal isu hoaks Pemilu 2024

Baca juga: Menkominfo: 92 persen kebisingan di ruang digital ulah pendengung


Langkah itu perlu diambil menurutnya karena agar sejalan dengan sila ke-3 dalam Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Ia menyakini untuk mencapai visi "Indonesia Emas 2045" yang dicanangkan pada Kabinet Indonesia Maju pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo pun nilai dari sila ke-3 itu masih dibutuhkan.

Maka dari itu, ia mengajak agar masyarakat bisa menerima hasil pesta demokrasi tersebut karena seluruhnya dinilai telah berjalan sesuai prosedur.

"Indonesia memerlukan kesatuan dan persatuan, untuk kita perlu sama-sama bergerak untuk menjadi negara maju," tutupnya.

Pada Rabu (20/3) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara.

Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.

Baca juga: Menkominfo dorong penyebaran narasi inklusif cegah polarisasi

Baca juga: Menkominfo imbau masyarakat terima hasil resmi Pemilu 2024

Baca juga: Menkominfo pastikan jaringan dan ruang digital aman di Pemilu 2024


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024