Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan
Samarinda (ANTARA) -
Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Samarinda bersama para relawan setempat berhasil memadamkan kebakaran yang melanda ruang perpustakaan dan satu bangunan di SMA Negeri 9 Samarinda pada Kamis malam.
 
"Kebakaran ini mengakibatkan kerusakan bangunan fasilitas sekolah namun tidak ada korban jiwa," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Hendra AH.
 
Ia menginformasikan bahwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.40 Wita berhasil dipadamkan dalam waktu 50 menit.
 
Lokasi kejadian berada di Jalan Giri Rejo, RT 24, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara.
 
Dijelaskannya, api yang diduga berasal dari korsleting listrik ini tidak menimbulkan dampak pada penghuni sekolah dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun, seorang relawan mengalami luka ringan saat proses pemadaman.
 
Tim yang terdiri dari relawan Kota Samarinda, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, BPBD, Satlantas Polresta, EMT-ITS, Comment centre 112, PMI, Tagana, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsekta Sungai Pinang, Patroli Beat 110, PLN, dan Dishub bergerak cepat menangani insiden itu dan mengerahkan lima unit fire truck dan 10 mesin pemadam portable untuk mengatasi kebakaran.
 
"Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan," ungkapnya.

Baca juga: Disdamkar Samarinda hadirkan program "Taguh Bakar" cegah kebakaran
Baca juga: Delapan rumah di Samarinda ludes terbakar
 
Menurut Hendra, peristiwa ini mengingatkan akan pentingnya pemeriksaan dan pemeliharaan instalasi listrik secara berkala untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.
 
Sebelumnya, Disdamkar Kota Samarinda bersama relawan setempat juga berhasil memadamkan kebakaran di gedung SMPN 5 Samarinda yang mengakibatkan kerusakan pada dua unit rumah dinas guru dan 20 ruang kelas, Selasa lalu.
 
Penyebabnya diduga sama, yakni arus pendek listrik di lantai dua salah satu rumah. Tiga orang dilaporkan mengalami sesak nafas akibat insiden itu.

Baca juga: Sejumlah ruang kelas SMKN 3 Kota Bengkulu hangus terbakar
Baca juga: BPBD: Delapan rumah dan fasilitas sekolah di Aceh Tenggara terbakar
Baca juga: Kebakaran di SMAN 1 Pebayuran Bekasi padam dalam sejam

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024