Saya seperti merasakan kursi bergoyang, kemudian pintu juga. Lalu melihat orang-orang berlarian keluar, saya ikut keluar
Surabaya (ANTARA) -
Gempa kembali terjadi di laut 130 kilometer timur Laut Tuban, Jawa Timur, yang kali ini lebih besar yakni magnitudo 6,5 di kedalaman 10 kilometer dan dampaknya dirasakan masyarakat, terutama di Kota Surabaya.

Berdasarkan pantauan laman bmkg.go.id, gempa susulan tersebut terjadi pada Jumat pukul 15.52 WIB dan tidak berpotensi tsunami.
 
Gempa tersebut merupakan susulan dari gempa pertama pada pukul 11.22 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,0. Berikutnya gempa kedua terjadi pukul 12.31 WIB dengan magnitudo 5,3.
 
Menurut data BMKG, beberapa wilayah dalam skala MMI yang merasakan gempa yakni III-IV Blora, III-IV Surabaya, III-IV Kabupaten Banjar, II-III Mojokerto, II-III Malang, II-III Lumajang, III Nganjuk, dan II Yogyakarta.

Baca juga: Gempa magnitudo 6 guncang Tuban Jawa Timur
 
Sementara itu pantauan dari kawasan Tegalsari Surabaya, terlihat sejumlah karyawan beberapa perkantoran berhamburan keluar gedung.
 
"Saya seperti merasakan kursi bergoyang, kemudian pintu juga. Lalu melihat orang-orang berlarian keluar, saya ikut keluar," ujar karyawan salah satu perkantoran di Tegalsari, Nur Rochman.
 
Hal sama dirasakan Abdullah yang mengaku sedang berada di lantai tiga dan menelepon istrinya di rumah.
 
"Saat video call, kemudian melihat pintu ruangan gerak-gerak. Saya takut dan refleks turun. Ternyata di luar banyak orang," tuturnya.
 
"Ini juga lebih besar guncangannya dibandingkan yang pertama maupun kedua tadi," tambah Dul, sapaan akrabnya.

Baca juga: Kota Tuban kembali diguncang gempa magnitudo 6,5 pada Jumat sore
Baca juga: Gempa Tuban getarkan sejumlah daerah di Pulau Jawa hingga skala IV
Baca juga: Guncangan gempa dirasakan sejumlah warga di Surabaya siang ini

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024