changchun (ANTARA) - Kereta urban bertenaga hidrogen pertama yang dikembangkan secara mandiri oleh China menuntaskan uji coba dengan kecepatan 160 km per jam pada Kamis (21/3), menandai terobosan dalam penerapan energi hidrogen pada moda transportasi kereta.

Dikembangkan oleh CRRC Changchun Railway Vehicles Co., Ltd. di Changchun, Provinsi Jilin, China timur laut, kereta tersebut menjalani pengujian di jalur uji coba milik perusahaan tersebut, dan berhasil mendapatkan verifikasi kinerja dengan sistem penuh, skenario penuh, dan multilevel.

Berbeda dari kereta konvensional yang mengandalkan bahan bakar fosil atau sistem catenary untuk suplai tenaganya, kereta urban yang sedang diuji coba ini memiliki sistem tenaga hidrogen internal yang dapat menyediakan sumber tenaga yang besar dan tahan lama. Jarak tempuh maksimum kereta ini mencapai lebih dari 1.000 km.

Data pengujian juga menunjukkan bahwa tingkat konsumsi energi rata-rata kereta ini tercatat 5 kilowatt jam per km, setara dengan level terdepan dunia. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024