Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan bahwa calon presiden RI terpilih Prabowo Subianto tidak hanya menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, melainkan juga berencana menemui pimpinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Bukan hanya NasDem ya, ketemu jajaran pimpinan PPP juga," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Dia menyebut bahwa pertemuan dengan partai non-koalisi itu dimaksudkan sebagai bentuk implementasi politik dari Prabowo Subianto yang hendak mengedepankan persatuan dan kesatuan.

"Pak Prabowo enggak mau buang-buang waktu, bahwasanya kita harus gerak cepat merangkul semua elemen bangsa ini. Nanti jadi mulai Oktober (pelantikan presiden) sudah mulai langsung ‘gas pol’," ujarnya.

Tak hanya NasDem dan PPP, dia mengatakan bahwa pihaknya mulai intens menjalin komunikasi pula dengan partai-partai politik lainnya di luar Koalisi Indonesia Maju.

Baca juga: Gerindra sebut Prabowo-Gibran akan berupaya bangun koalisi besar

Baca juga: Bertemu Surya Paloh, Prabowo sebut rakyat ingin para pemimpin rukun

Baca juga: Tak menutup kemungkinan Partai NasDem bergabung dengan Prabowo


"Sebetulnya sih terus terang, hampir semua partai politik kami ada komunikasi yang sangat baik dan semakin intens saat ini, hampir semua, tapi saya kan enggak mau mendahului, yang jelas komitmen kami, apa pun bentuk, misalnya, kontestasi politik yang sudah dan sedang berlangsung ya kita enggak mau timbul kegaduhan," tuturnya.

Menurut dia, sebagian besar elite politik saat ini juga sudah menerima keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

"Saya pikir elite-elite bangsa ini juga sudah mulai realistis semua, bahwa iya sudah selesai tinggal memang ada prosedur yang di MK (Mahkamah Konstitusi)," katanya .

Untuk itu, dia optimistis jalur Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PHPilpres) yang sekiranya akan bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan merubah keputusan KPU terkait hasil Pilpres 2024.

"Kalau tidak ada dasarnya (permohonan PHPilpres), hampir dapat dipastikan enggak akan ada perubahan daripada putusan KPU," ucap Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Pada Jumat siang, Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, untuk menghormati ucapan selamat kepadanya atas keputusan KPU yang menetapkan dirinya dan Gibran Rakabuming Raka unggul pada Pilpres 2024.

"Ketua Umum NasDem Pak Surya Paloh langsung mengucapkan selamat. Dan untuk menghormati ucapan tersebut saya datang dan diterima hari ini di markas Partai NasDem," kata Prabowo saat konferensi pers usai bertemu Surya Paloh.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono mewakili seluruh keluarga besar PPP turut memberikan selamat kepada kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

"Atas nama keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan kami mengucapkan selamat kepada bapak H. Prabowo Subianto dan bapak Gibran Rakabuming Raka yang telah mendapatkan suara tertinggi hasil pemilihan presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia pada tanggal 20 Maret 2024," kata Mardiono saat rapat pengurus harian DPP PPP ke-21 di Kantor DPP PPP, Jakarta, Kamis (21/3) malam.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024