Ambon (ANTARA) - Polsek Nusaniwe Polresta Pulau Ambon dan PP Lease mengantisipasi terjadinya bentrokan antar kelompok pemuda yang sering kali terlibat aksi saling lempar batu di kawasan Wainitu pada malam hari.

 "Sejak Kamis, (21/3) pukul 23:00 WIT hingga Jumat dinihari kami menyiagakan sejumlah personel di lokasi kejadian guna menjaga situasi kamtibmas tetap terpelihara dalam suasana bulan puasa," kata Kapolsek Nusaniwe AKP Johan V.M Anakotta di Ambon, Jumat.

Kapolsek yang memimpin kegiatan siaga pengamanan didampingi Kepala SPKT III Aipda Rico Tomasoa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wainitu Aipda Roy Soplanit bersama sejumlah personelnya turun ke lokasi di lorong Kantor Kelurahan Wainitu guna mencegah aksi bentrok antara para pemuda.

Pengamanan aparat kepolisian juga dilakukan dengan cara berpatroli memasuki area pemukiman warga lewat  lorong-lorong guna memberikan imbauan dan edukasi sekaligus menyarankan para pemuda untuk sama-sama menjaga ketertiban.

Menurut dia, sekecil apa pun penyebab bentrokan antara para kelompok pemuda harus diantisipasi sejak dini agar persoalannya tidak menjadi besar hingga melibatkan massa.

Apalagi di daerah wainitu merupakan lokasi yang sering terjadi aksi lempar batu antar kelompok pemuda sehingga mengganggu kamtibmas dan kendaraan tidak bisa melintas karena takut terkena lemparan.

Untuk itu aparat kepolisian tetap bersikap responsif terkhusus pada wilayah rawan terjadinya tindak pidana dan lokasi yang rentan menimbulkan potensi konflik sosial.

"Jadi maksud dan tujuan dilaksanakannya pengamanan ini untuk menekan gangguan kamtibmas sekaligus untuk menciptakan situasi aman dan kondusif," tandasnya.
Baca juga: Perwakilan dua kelompok di Ambon sepakat akhiri tawuran dan berdamai
Baca juga: Polresta ambon suluh siswa akan bahaya tawuran antarpelajar

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024