counter

Buruh akan mogok kerja pada 31 Oktober

Buruh akan mogok kerja pada 31 Oktober

Buruh di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, berencana melakukan aksi mogok kerja pada 31 Oktober 2013. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Para buruh berunjuk rasa di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, Senin, untuk "pemanasan" sebelum melakukan aksi mogok kerja massal pada 31 Oktober mendatang.

Menurut Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi, sekitar 300.000 buruh akan terlibat dalam aksi mogok massal di kawasan industri Pulogadung pada 31 Oktober. "Semua akan mogok kerja dan unjuk rasa disini lagi," katanya.

Wakil Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Harry S, mengatakan serikat pekerja akan secara persuasif meminta izin perusahaan untuk melakukan unjuk rasa pada Kamis mendatang.

Siang ini ratusan buruh yang mengenakan atribut Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, dan Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas Bumi Dan Umum berkumpul di kawasan industri Pulogadung. Mereka menyampaikan beberapa tuntutan seperti kenaikan upah minimum tahun 2014 menjadi Rp3,7 juta per bulan, pencabutan Instruksi Presiden No. 9 tahun 2013, dan penghapusan sistem alihdaya.

Para buruh juga menuntut pengesahan Rancangan Undang-Undang Pekerja Rumah Tangga dan pemberian jaminan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia mulai 1 Januari 2014.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Perwakilan aksi buruh sampaikan aspirasi ke KSP

Komentar