Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan para pemangku kebijakan di tingkat pusat maupun daerah mengambil langkah segera untuk mengatasi banjir di pesisir Pantai Utara (Pantura), Demak, Jawa Tengah.

"Para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah harus mengambil langkah segera untuk mengatasi banjir di pesisir utara Jawa yang hampir menenggelamkan Kabupaten Demak," kata Rerie, sapaan karibnya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, hantaman banjir yang terus berulang disebabkan jebolnya tanggul sungai di sejumlah daerah pesisir utara Jawa itu harus segera diperbaiki.

Legislator dari Dapil II Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Demak, Kudus, dan Jepara itu berharap para pemangku kepentingan di daerah mampu segera melakukan penanganan dampak banjir guna menekan potensi terjangkitnya sejumlah penyakit dan jatuhnya korban jiwa di lokasi banjir.

Dia juga mendorong agar aparat yang tergabung dalam Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan masyarakat di daerah yang dilanda banjir membangun kolaborasi yang kuat dalam proses penanggulangan bencana tersebut.

Menurut dia, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah juga perlu segera melakukan evaluasi daya dukung lingkungan di sejumlah daerah terdampak banjir di pesisir pantai utara Jawa guna mengantisipasi potensi ancaman di masa mendatang.

Terakhir, dia berharap upaya perbaikan infrastruktur dan lingkungan di sejumlah daerah terdampak banjir dapat dilakukan secara menyeluruh dan sistematis sehingga proses pembangunan yang dilakukan dapat mewujudkan kawasan yang lebih baik.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kondisi banjir yang melanda Kabupaten Demak memicu enam tanggul pembatas aliran sungai jebol.

Situasi itu mengakibatkan sebanyak 24.436 orang warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah terpaksa mengungsi akibat banjir yang masih menggenangi tempat tinggal mereka hingga Kamis (21/3).

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024