Jakarta (ANTARA) - Tim basket Pelita Jaya masih menjajaki tambahan satu pemain asing guna memperkuat skuad dalam menghadapi laga kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 di Ulaanbaatar Mongolia.

"Kendala kami saat ini ada di pemain asing. Kami baru dua orang (pemain asing) sehingga masih cari lagi satu orang," ujar Manajer Pelita Jaya, Nugroho Budi Cahyono dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, Pelita Jaya telah mendatangkan dua pemain asing yakni JaQuori McLaughlin dan Justin Brownlee, namun, ada dua pemain asing lainnya kemungkinan besar tidak bisa tampil pada babak pertama kualifikasi.

Sementara itu, jumlah pemain asing yang diperbolehkan sesuai ketentuan Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA maksimal sebanyak 3 orang, sehingga tim finalis IBL 2023 itu masih memerlukan tambahan satu pemain asing untuk memperkuat tim.

Budi Cahyono mengatakan, anak asuhnya akan menghadapi lawan yang cukup berat dalam laga kualifikasi seperti tim dari Thailand yang semuanya berisi pemain tim nasional.

Selain itu, menghadapi tim Mongolia yang sebagian pemainnya merupakan pemain tim nasional serta memiliki ukuran fisik yang besar.

"Makanya semoga dengan ada pemain ini bisa komplit untuk bisa bersaing dengan lawan-lawan kami," ujarnya.

Pelita Jaya bersama Prawira Harum Bandung merupakan dua tim perwakilan dari Indonesia yang akan mengikuti kualifikasi BCL Asia 2024 di Mongolia pada 23-26 April.

Pada laga babak pertama kualifikasi Pelita Jaya akan bersaing mulai dari Grup B dengan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).

Sementara, Prawira Harum Bandung tergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern), dan Mongolia (runner up kompetisi di Mongolia).

Pada babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke babak kualifikasi yang kedua di Jakarta.

Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang, untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta. Dengan begitu, empat tim akan bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024.

Sebanyak dua tim yang lolos dari babak kualifikasi di Jakarta akan bersaing kembali dengan tim-tim juara di masing-masing negara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina.

Baca juga: Pelita Jaya dan Prawira Harum Bandung siap bersaing di kualifikasi BCL

Baca juga: ANTARA jadi mitra media resmi Liga Bola Basket Indonesia (IBL)

Baca juga: Perbasi: Timnas 3X3 Indonesia latihan seperti biasa selama Ramadhan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024