perbaikan jalan kabupaten sepanjang 18 kilometer yang rusak di wilayah selatan sudah dilakukan sejak pekan pertama bulan puasa
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebutkan perbaikan jalan rusak terutama di wilayah selatan dapat tuntas sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H sehingga pemudik dapat melintas dengan aman dan nyaman.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Jumat, mengatakan perbaikan jalan kabupaten sepanjang 18 kilometer yang rusak di wilayah selatan sudah dilakukan sejak pekan pertama bulan puasa, sehingga dapat terhubung dengan jalan provinsi dan nasional yang juga dalam perbaikan.

"Kami menargetkan sekitar 38 kilometer jalan kabupaten yang rusak tuntas diperbaiki sepekan menjelang lebaran, sehingga saat dilalui pemudik karena sudah laik dengan kualitas baik," katanya.

Herman menjelaskan, sedangkan pembangunan 82 kilometer jalan beton penghubung antarkecamatan dan kabupaten di wilayah Jabar selatan, saat ini tinggal menunggu pengeringan yang membutuhkan waktu sepekan ke depan, sehingga saat musim mudik sudah dapat dilalui normal.

Pihaknya menargetkan dengan tuntas-nya pembangunan dan perbaikan jalan menuju wilayah selatan, dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan dari berbagai daerah terutama saat libur panjang hari raya, karena infrastruktur sudah laik dilalui dengan kualitas beton.

Baca juga: Cianjur tambah papan penunjuk arah destinasi wisata jaring pemudik

Baca juga: Pemkab buka seleksi calon Direktur Teknik Perumdam Tirta Mukti Cianjur


"Pembangunan dan perbaikan jalan kabupaten, akan terkoneksi langsung dengan jalan provinsi dan nasional terutama di wilayah Jabar selatan, sehingga saat mudik jalur selatan yang dilalui sangat aman dan nyaman," katanya.

Untuk memudahkan pemudik dengan tujuan selatan Cianjur, ungkap dia, akan dipermudah dengan penambahan papan penunjuk arah serta lampu penerangan jalan agar pemudik yang melintas merasa aman dan nyaman sampai kampung halaman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Cianjur, Eri Rihandiar  mengatakan untuk perbaikan puluhan kilometer jalan kabupaten yang rusak ditargetkan tuntas sebelum Lebaran 2024, sehingga pengerjaan perbaikan sudah dilakukan sejak pekan pertama puasa.

"Prioritas perbaikan jalan penghubung antar kecamatan dan yang melintasi destinasi wisata, sehingga perbaikan jalan tersebut dapat terhubung langsung dengan jalan provinsi dan nasional yang saat ini sedang diperbaiki hampir bersamaan," katanya.

Eri berharap perbaikan jalan yang dilakukan bersamaan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang akan melintas di jalur selatan, dimana pihaknya mencatat kondisi jalan kabupaten, provinsi dan nasional 90 persen baik.

Baca juga: DPKHP Cianjur salurkan bantuan perahu untuk 40 nelayan

Baca juga: Penumpang KA Siliwangi meningkat 25 persen sepekan jelang Ramadhan

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024