Bayi ini lahir berkat Nirvana dan Madonna

Bayi ini lahir berkat Nirvana dan Madonna

Madonna (REUTERS/Mario Anzuoni)

London (ANTARA News) - Bayi bernama Freddie ini adalah bayi tabung Inggris pertama yang lahir berkat bantuan musik saat perawatan kesuburannya, demikian dilansir DailyMail.

Orang tua Freddie sangat terluka setelah mengalami dua kali keguguran dan upaya bayi tabung yang pernah gagal sebelumnya.

Kemudian, mereka mendengar satu teknik inovatif di mana telur-telur bayi tabung (pembuahan in vitro)  dalam cawan diputarkan musik.

Saat ini, Freddie sudah berusia satu tahun. Kedua orang tuanya, Isabelle dan Stephen, mengungkapkan Freddie memiliki kesukaan alami terhadap musik.

Pasangan asal Liverpool itu berkata, "Sejak awal kami tahu dia sangat tertarik dengan musik, dia selalu senang kalau dinyanyikan dan terlihat lebih rileks kalau musik dimainkan".

"Kami harap suatu saat nanti ketika kami mengatakan pada Freddie mengenai elemen musik dari awal kehidupannya, itu akan membuatnya merasa ekstra spesial".

Ibu Freddie hamil setelah melakukan perjalanan ke Barcelona untuk perawatan di klinik kesuburan Institut Marques di mana para peneliti sedang mempelajari apakah pemutaran musik di laboratorium bayi tabung mampu meningkatkan angka keberhasilannya.

Mereka menyuntikan sperma ke dalam hampir 1.000 telur dan menaruhnya di cawan dalam inkubator. Kemudian, mereka letakkan pengeras suara di separuh inkubator dan memainkan musik sepanjang waktu.

Playlist musik yang dimainkan antara lain lagu-lagu pop Michael Jackson dan Madonna, lagu-lagu agak keras seperti Nirvana dan Metallica, serta musik klasik karya Bach, Mozart dan Vivaldi.

Seperti yang sudah diduga, tidak semua telur berhasil dibuahi. Namun, hal yang mengejutkan adalah para peneliti menemukan rata-rata pembuahan lima persen lebih tinggi terdapat pada inkubator yang diiringi musik.

Pop, heavy metal, dan musik klasik bekerja sama baiknya pada proses pembuahan.

Getaran yang berasal dari musik dipercaya mampu memudahkan jalan bagi nutrisi menuju telur dan mempercepat penghilangan sisa racun, sehingga meningkatkan angka kemungkinan terjadinya pembuahan dan meningkatkan angka bertahan hidup embrio muda.

Pada kehamilan alami, telur yang sudah dibuahi akan digoncang begitu dia menggelinding ke saluran telur ke kandung rahim. Telur juga mengalami kontraksi lembut dalam rahim.

Masih terlalu dini mengatakan teknik musik meningkatkan angka kelahiran, namun beberapa pasangan di 17 negara termasuk Inggris berhasil menjadi orang tua berkat teknik tersebut.

Freddie sendiri sangat suka memutar kenop radio besar yang diletakkan di sampingnya saat dia bermain di lantai.

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar