semua tetap diperhitungkan dan kita tidak boleh lengah
Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) optimistis dua tim delegasi Indonesia, Pelita Jaya dan Prawira Harum Bandung, mampu taklukkan tim-tim dari Asia Tenggara dalam kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

"Kalau untuk (tim-tim dari) Asia Tenggara, kami optimis (bisa ditaklukkan) walaupun semua tetap diperhitungkan dan kita tidak boleh lengah," kata Sekjen Pengurus Pusat Perbasi Nirmala Dewi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu.

Pada laga babak pertama yang akan berlangsung di Mongolia pada 23-26 April, Pelita Jaya akan bersaing mulai dari Grup B dengan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).

Sementara, Prawira Harum Bandung tergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern), dan Mongolia (runner up kompetisi di Mongolia).

Nirmala mengatakan, kedua tim delegasi Indonesia itu sudah memiliki perhitungan sendiri terhadap lawan-lawan mereka.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan kedua tim dan intinya mereka sangat optimis bisa sampai pada round kedua," katanya.

Nirmala mengatakan, Perbasi merasa bersyukur karena dua tim perwakilan Indonesia yang merupakan runner up dan juara Indonesian Basketball League (IBL) 2023 bisa mengikuti kualifikasi untuk tampil dalam kompetisi level Asia.

Perbasi ingin pada kompetisi pertama tim Indonesia di BCL ini, kedua tim tidak seoptimal mungkin. Oleh sebab itu, Perbasi juga berkoordinasi dengan IBL karena pada babak kedua terdapat benturan jadwal pertandingan.

Ia menjelaskan, pada babak kedua kualifikasi, Pelita Jaya melakoni delapan laga di IBL, sedangkan Prawira Harum Bandung memiliki sembilan laga.

"Enggak mungkin juga mereka diganti tim lapis dua, karena itu kami sudah koordinasi bersama dan sudah ketemu jalan keluarnya," ujarnya.

Nirmala berharap masing-masing tim tetap fokus untuk berkompetisi sebaik mungkin sehingga bisa mengharumkan Merah Putih di kancah Asia.

Pada babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke babak kualifikasi yang kedua di Jakarta.

Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang, untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta. Dengan begitu, empat tim akan bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024.

Sebanyak dua tim yang lolos dari babak kualifikasi di Jakarta akan bersaing kembali dengan tim-tim juara di masing-masing negara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina.

Baca juga: Perbasi masih koordinasi arena untuk kualifikasi BCL Asia di Jakarta

Baca juga: Borneo Hornbills rombak roster pemain dan lepas Najeal Jewone Young

Baca juga: Perbasi minta FIBA Asia tentukan jadwal BCL Asia lebih matang

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024