Jakarta (ANTARA) - Amartha Hangtuah Jakarta berhasil merebut kemenangan saat melawan Tangerang Hawks Basketball di kandangnya di Indomilk Arena Tangerang Banten, Sabtu malam, dengan skor akhir 85-75.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Hangtuah kembali ke jalur kemenangan setelah sebelumnya kalah dua laga berturut-turut. Kini rekor pertandingan kedua tim sama-sama mengumpulkan 4 menang dan 5 kalah (4-5).

Dua pemain asing Hangtuah menyelesaikan laga dengan catatan double-double, yaitu Zoran Talley Jr. mencetak 20 poin dan 16 rebound, kemudian Ronald Delph mencatat 10 poin dan 16 rebound yang memulai laga dari bangku cadangan. Nick Faust menjadi pencetak skor tertinggi bagi Hangtuah dengan 21 poin. Sedangkan Fisyaiful Amir tampil gemilang dengan mencetak 18 poin pada laga ini.

Hawks tidak pernah unggul sepanjang pertandingan melawan Hangtuah di markasnya sendiri. Namun mereka memberikan perlawanan kepada tim tamu. Sempat tertinggal 14 poin di kuarter pertama, mereka menemukan cara untuk meredam Hangtuah di kuarter kedua sehingga bisa memperkecil ketertinggalan sampai setengah bola 38-37.

Namun perlawanan tersebut tidak bertahan lama, hingga akhirnya skor berakhir 54-40 saat turun minum. Di kuarter ketiga adalah selisih poin terbesar sampai 17 poin.

Hawks memulai kuarter keempat dengan tertinggal 13 angka (67-54). Namun sampai tiga menit berjalan, margin tersebut belum bisa diturunkan menjadi satu digit.

Memasuki lima menit terakhir waktu reguler, Hawks mendapatkan momentum untuk bangkit. Dalam waktu satu menit, Hawks membuat laju poin 6-0 untuk memangkas keunggulan Hangtuah menjadi tiga angka (70-73).

Tetapi sebuah situasi sulit dihadapi Hawks, di mana Hangtuah memainkan serangan dengan transisi cepat. Layup dari Dandung O'Neal Pamungkas membuat Hangtuah unggul 78-70, dan Hawks meminta timeout.

Di sisa waktu satu menit, kesempatan Hawks memperkecil ketertinggalan hilang setelah Andreas Kristian Vieri melakukan turnover yang membuat perpindahan penguasaan bola. Hangtuah yang unggul 9 angka dengan sisa waktu di bawah satu menit, berusaha menahan bola untuk menghabiskan waktu. Hangtuah akhirnya berhasil merebut kemenangan di kandang Hawks.

Pada laga kali ini, Xavier Alexander hampir mencetak triple-double untuk Hawks dengan mengumpulkan 14 poin, 14 reboud, dan 9 assist. Amir Williams mencetak 19 poin dan 11 rebound, diikuti Augustus Stone Jr. dengan 14 poin. Gabriel Batistuta Risky menyumbang 11 poin dari bangku cadangan.

Hangtuah berhasil menghentikan dua kekalahan beruntun, dan kini merangkak naik ke posisi delapan klasemen sementara IBL 2024. Kini Hangtuah dan Hawks sama-sama mencatat rekor 4-5 hingga pekan kedelapan. Selanjutnya, Hawks akan menjamu Borneo Hornbills pada laga besok.

Baca juga: Kuarter I & II, RSB dan PJJ saling kejar-kejaran skor

Baca juga: Borneo Hornbills rombak roster pemain dan lepas Najeal Jewone Young

Baca juga: Pacific Caesar Surabaya sebut Nick Wiggins telah tinggalkan klub

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024