Jakarta (ANTARA) - Orang dengan kecemasan kesehatan dapat terpicu dan menjadi khawatir ketika mendengar masalah kesehatan orang lain, terutama figur publik yang terkenal seperti anggota keluarga Kerajaan Inggris Kate Middleton.

Menurut siaran Psychology Today pada Minggu, ada orang yang setelah mendengar kabar tentang masalah kesehatan figur publik mungkin tiba-tiba merasakan gejala yang sebelumnya tidak mereka alami sehingga menjadi semakin cemas.

Informasi tentang seseorang yang dikenal atau orang terkenal yang didiagnosis terserang penyakit atau meninggal bisa memicu bagian dari diri untuk waspada terhadap masalah kesehatan, seperti melihat tanda bahwa ini juga bisa terjadi pada diri sendiri.

Baca juga: Kenali gejala hingga cara hadapi kecemasan sosial

Ibu-ibu muda dengan anak kecil mungkin merasa cemas setelah mengetahui diagnosis kanker Kate Middleton, karena mereka mungkin mengidentifikasi diri dengan aspek identitas tersebut. 

Hal-hal berikut dapat dilakukan guna menghindari kecemasan yang demikian.
  • Melakukan validasi diri dengan memberi tahu diri sendiri bahwa masuk akal berita ini membuat cemas jika memang memiliki kecemasan kesehatan.
  • Cek realitas. Ingatkan diri bahwa peluang sakit tidak akan naik hanya karena diagnosis orang lain.
  • Jangan terlalu fokus pada gejala tubuh. Semakin fokus pada tubuh, semakin banyak sensasi yang akan dirasakan, jadi lebih baik mengalihkan perhatian pada sesuatu di luar diri.
  • Berhenti sejenak dari berita dan media sosial. Jika merasa bahwa berita membuat perasaan lebih cemas, maka berhentilah sejenak.
  • Lakukan sesuatu yang bermakna. Gunakan waktu untuk menemukan sesuatu yang bermakna atau menyenangkan bagi diri sendiri daripada fokus pada kekhawatiran kesehatan.
Selain itu, sebaiknya menjalani pemeriksaan kesehatan rutin yang diperlukan seperti prosedur kolonoskopi dan mamografi untuk menghindari kecemasan kesehatan yang berlebihan.

Baca juga: Psikolog: Olahraga lari dapat menurunkan tingkat kecemasan
Baca juga: Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak bisa menimbulkan kecemasan

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024