Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban warga terdampak banjir
Demak (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama mitra strategis hadir bersama untuk memberikan dukungan kemanusiaan terhadap korban banjir di Kabupaten Demak Jawa Tengah, dengan memberikan bantuan pangan berupa beras, pangan segar, dan pangan olahan senilai Rp581,02 juta.

"Bantuan pangan ini merupakan hasil kerja sama dengan para mitra strategis, termasuk perusahaan BUMN serta perusahaan mitra lainnya yang ikut prihatin atas bencana banjir di Kabupaten Demak, terutama di Kecamatan Karanganyar," kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di sela-sela menyampaikan sambutan pada acara penyerahan bantuan pangan di tempat pengungsian SD Negeri 3 Ngaluran Kecamatan Karanganyar Demak, Minggu.

Hadir dalam penyerahan bantuan pangan tersebut Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, Bupati Demak Eisti'anah, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi Nyoto Suwignyo, Dandim 0716/Demak selaku Komandan Posko Terpadu Penanganan Banjir Demak Letkol Kav Maryoto, serta Sekda Demak beserta jajaran dan Asisten Setda Provinsi Jateng.

Ia berharap bantuan tersebut, termasuk di antaranya ada beras 35,5 ton, kemudian ada makanan kaleng dan bahan pangan lainnya, bisa meringankan beban warga terdampak banjir.

Apalagi, katanya, Kabupaten Demak termasuk salah satu wilayah terbesar penghasil beras. Sedangkan bulan Maret dan April 2024 ini merupakan masa panen, sehingga menjadi salah satu sumber pangan nasional dari Demak.

Dari nilai bantuan Rp581,02 juta yang terkumpul dengan dukungan mitra Bapanas, termasuk ada Perum Bulog dan bantuannya meliputi beras 35,5 ton atau senilai Rp423,6 juta, kemudian uang tunai Rp35 juta yang dibelanjakan dalam bentuk komoditas pangan.

Bantuan lainnya, yakni pangan segar senilai Rp50 juta, pangan olahan senilai Rp72,42 juta, dan masih ada mitra lain yang bersedia mendonasikan yang nilai bantuannya setara Rp200 juta.

Bupati Demak Eisti'anah berterima kasih atas dukungan pemerintah, termasuk Bapanas yang juga perhatian dengan memberikan bantuan pangan bersama para mitranya.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban warga terdampak banjir," katanya.

Apalagi, katanya, tanggul jebol sudah tertangani dengan baik, sehingga ketika banjir benar-benar surut, tentunya warga juga akan kembali ke rumahnya masing-masing.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024