PT AP II agar menggunakan posko terpadu di setiap terminal Bandara Soekarno Hatta.
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta PT Angkasa Pura II (AP II) untuk memaksimalkan layanan pada arus mudik Lebaran 2024.

"PT AP II agar menggunakan posko terpadu di setiap terminal Bandara Soekarno Hatta sebagai tempat pemantauan dan pengamanan bagi para penumpang arus mudik Lebaran," kata Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

AP II memprediksi puncak arus penumpang mudik Lebaran melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, akan terjadi pada tanggal 5-6 April 2024.

Dia menyatakan AP II diharapkan mulai melakukan upaya antisipasi, yang dapat mengurai penumpukan penumpang saat periode puncak arus mudik. Diantaranya dengan mengoptimalkan counter check in, hingga memberikan imbauan melalui keterangan tertulis di papan pengumuman untuk menggunakan fasilitas web check-in yang dimiliki maskapai.

Selain itu, meminta unit penyelenggara bandar udara agar menambah dan menyiagakan airport helper untuk melayani dan membantu penumpang, mulai dari proses bagasi hingga membantu penumpang dengan kebutuhan khusus seperti lanjut usia dan ibu hamil.

"Airport helper dipersiapkan guna beri pelayanan prima kepada pemudik yang gunakan jasa kebandarudaraan," ujarnya.

Bamsoet meminta AP II bersama seluruh pemangku kepentingan di bandara untuk tetap berkomitmen memberikan layanan yang prima dan memastikan operasional serta pelayanan kepada penumpang dapat berjalan dengan baik, lancar, dan kondusif selama periode arus mudik Lebaran.

Baca juga: Polri gelar rakor lintas sektor persiapan Operasi Ketupat 2024
Baca juga: Satlantas Polresta Banyumas siapkan pengawalan pemudik bersepeda motor

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024