Jakarta (ANTARA) - Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) akan mengumumkan hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) pada hari ini yaitu Selasa (26/3) pada pukul 15.00 WIB.  

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia SNPMB 2024 Prof. Ganefri menyebutkan terdapat sebanyak 126.421 peserta lulus untuk menuju perguruan tinggi negeri (PTN) akademik dan 29.608 peserta lulus menuju PTN vokasi.

“Insya Allah nanti jam 15.00 ini akan diumumkan SNBP melalui laman utama,” katanya dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNBP 2024 di Jakarta, Selasa.  

Ganefri menuturkan untuk PTN akademik terdapat total pendaftar 659.217 orang dengan daya tampung 132.450 orang sedangkan PTN vokasi sebanyak 112.599 orang dengan daya tampung 33.608 orang.  

Ganefri menyatakan pengumuman dapat dipantau oleh para peserta melalui tautan https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pukul 15.00 WIB hari ini yang bisa diakses baik melalui handphone atau laptop.

Untuk tata cara cek hasil pengumuman SNBP 2024, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:
1. Kunjungi laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
2. Isi nomor registrasi SNBP 2024 yang telah didapat sebelumnya
3. Masukkan tanggal lahir masing-masing peserta
4. Klik keterangan Lihat Hasil Seleksi
5. Kemudian akan muncul hasil SNBP 2024 dengan brader berwarna biru bagi peserta yang lolos dan header berwarna merah bagi peserta tidak lolos.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Abdul Haris mengucapkan selamat dan sukses bagi peserta yang lulus dalam SNBP 2024.

“Selamat dan sukses untuk seluruh peserta SNBP yang sebentar lagi diumumkan. Seluruh jerih payah, keringat dan doa adik-adik serta doa orang tua yang tidak hentinya,” ujarnya.

Sementara itu, Abdul memberikan semangat bagi para peserta yang nantinya tidak lulus SNBP agar tidak berputus asa mengingat masih banyak jalan untuk bisa mendapatkan PTN.

Beberapa jalur yang bisa ditempuh antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang akan diselenggarakan pemerintah dan jalur Mandiri yang akan diselenggarakan masing-masing perguruan tinggi.

Baca juga: Kemendikbudristek catat 29.608 orang lulus seleksi SNBP PTN vokasi

Baca juga: Kemendikbudristek sebut 126.421 orang lulus SNBP PTN akademik

Baca juga: 25 PTN siap terima mahasiswa baru lewat jalur SMMPTN-Barat

Baca juga: Kemendikbudristek perpanjang masa pendaftaran SNBP

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024