Jakarta (ANTARA) - Komite yang dibentuk Menko Perekonomian yakni Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) menerbitkan Pedoman Umum Governansi - Organisasi Nirlaba Indonesia (PUG-ONI), untuk memberikan rekomendasi dan panduan praktik governansi bagi organisasi nirlaba, terutama yang berbadan hukum yayasan dan perkumpulan.

“Dengan menerapkan rekomendasi PUG-ONI, penciptaan nilai dan penyaluran manfaat kepada para pemangku kepentingan sesuai misi organisasi nirlaba dapat terwujud secara berkelanjutan dalam jangka panjang,” ujar Anggota KNKG dan Anggota Pembina Institute for Corporate Directorship (IICD) Andi Ilham Siad dalam sesi Talk Show PUG-ONI di Jakarta, Selasa.

Andi mengatakan, penerapan prinsip-prinsip governansi yang baik berperan sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Menurutnya, organisasi nirlaba di Indonesia telah berkontribusi signifikan bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

"Masyarakat sejahtera adalah tujuan akhir pertumbuhan ekonomi. Secara berkelanjutan pertumbuhan ekonomi pun akan mendorong meningkatnya kesejahteraan masyarakat," ujar Andi.

Ia menjelaskan, penerapan governansi organisasi nirlaba dapat didorong dari dua sisi, yaitu pertama dari etika (ethical driven), yang datang dari kesadaran individu-individu yang duduk sebagai organ-organ governansi dalam organisasi, serta pemangku kepentingan secara lebih luas untuk menjalankan atau mendorong dijalankannya praktik governansi yang mengutamakan pencapaian misi dan kelangsungan hidup organisasi dalam jangka panjang.

Kemudian, kedua, didorong dari peraturan (regulatory driven) yang "memaksa” organisasi nirlaba untuk patuh menjalankan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

“Kedua pendekatan ini memiliki kekuatan dan keterbatasan masing-masing, dan sejatinya akan saling melengkapi untuk menciptakan lingkungan sosial dan ekonomi yang lebih sehat,” ujar Andi.

Dalam kesempatan ini, diselenggarakan Talk Show PUG-ONI yang bertajuk "Mempertahankan Nilai Untuk Mencapai Organisasi Nirlaba Secara Berkelanjutan", dimana peserta diharapkan dapat memahami gambaran umum situasi organisasi nirlaba Indonesia dan faktor penentu sukses dalam menjaga dan memastikan keberlanjutan.

Selain itu, peserta diharapkan memahami prinsip-prinsip governansi dalam PUG-ONI serta tantangan organisasi nirlaba dalam mengimplementasikan governansi.

Baca juga: Perbaiki ekosistem koperasi, Menkop UKM akan adopsi pedoman governansi
Baca juga: OJK nilai governansi penting untuk perkuat industri jasa keuangan
Baca juga: Annual Report Award dorong praktik governansi perusahaan di Indonesia


 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024