kader juru pemantau jentik (jumantik) juga harus terus melakukan sosialisasi dan juga upaya-upaya pencegahan nyamuk berkembang biak di permukiman
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike mendesak pemerintah provinsi menggencarkan pengasapan (fogging) untuk menekan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di  Jakarta Selatan.

"Fogging yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus dilakukan lebih banyak lagi," kata Yuke saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Yuke menuturkan pengasapan seharusnya semakin masif namun tetap di bawah kontrol puskesmas kelurahan untuk pelaksanaannya di lingkungan warga.

Selain itu, lanjut dia, kader juru pemantau jentik (jumantik) juga harus terus melakukan sosialisasi dan juga upaya-upaya pencegahan nyamuk berkembang biak di permukiman.

Dia juga meminta Pemprov DKI untuk lebih serius menangani kasus DBD demi menekan penderita yang ada di Jakarta.

"Harus diimbangi oleh upaya serius dari Pemprov DKI Jakarta untuk menekan jumlah penderita DBD khususnya di Jakarta Selatan," ujarnya.

Dengan demikian, dia berharap pencegahan DBD ini turut dibantu dan dikontrol oleh jumantik, RT, RW, maupun kelurahan setempat.

Dia menegaskan kepada pemerintah maupun masyarakat jangan menganggap enteng suatu penyakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Jakarta Selatan menjadi penyumbang kasus DBD terbanyak di DKI Jakarta dengan jumlah 221 kasus, disusul Jakarta Barat 219 kasus, kemudian Jakarta Timur 114 kasus, Jakarta Utara 75 kasus, Jakarta Pusat 50 kasus dan Kepulauan Seribu dua kasus.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta memprediksi kasus DBD di Jakarta masih akan terus mengalami kenaikan hingga Mei 2024 akibat kondisi iklim.

"Masih sesuai dengan prediksi kita, memang masih meningkat. Kita perkirakan sampai Mei, kalau lihat iklim. Kan kita punya 'DBD clean' untuk memperkirakan status berdasarkan iklim. Jadi, diperkirakan masih akan naik sampai dengan Mei," jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati.
Baca juga: Legislator nilai lele yang disebar ke saluran air mampu cegah DBD
Baca juga: Legislator soroti pembebasan lahan Waduk Kamal untuk atasi banjir
Baca juga: Legislator desak DKI prioritaskan penanganan banjir di Jakbar

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024