Karena kami curiga maka kami coba nyalakan api menggunakan korek sehingga api ikut menyala
Banda Aceh (ANTARA) - Warga Desa Keutapang Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya digegerkan dengan semburan gas saat menggali sumur bor di dekat rumah mereka hingga mengeluarkan api.

"Karena kami curiga maka kami coba nyalakan api menggunakan korek sehingga api ikut menyala," kata penggali sumur bor, Ermansyah, di Aceh Jaya, Selasa.

Ermansyah menjelaskan, awalnya mereka menggali sumur pada Sabtu (24/3). Tetapi, hingga Selasa (26/3) proses penggalian sumur itu juga belum mengeluarkan air, meski sudah menggunakan mesin. Air tidak bisa naik sedangkan penggalian di lahan sawah.

Akhirnya ia bersama rekannya melihat semburan gas keluar dari sumur, dan menyala ketika di sulutkan api.

"Belum pernah saya temui sebelumnya pada saat melakukan penggalian sumur. Karena kedalaman sudah 18 meter," ujar Ermansyah.

Terkait hal ini, Perwakilan Pemerintah Aceh Jaya, Dedek Suriadi menyampaikan, berdasarkan hasil pantauan lapangan, gas tersebut diduga dihasilkan dari pembusukan lahan gambut di bawah tanah sehingga menimbulkan gas metan.

"Proses ini biasa terjadi di seputaran itu saja dan bisa cepat habis, itu juga sama seperti gas yang timbul dari septik tank dan juga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," kata mantan pejabat Dinas LHK Aceh Jaya itu.

Ia menegaskan, dugaan gas tersebut juga tidak akan berbahaya karena biasanya timbul dan menghilang dengan sendirinya.

"Imbauan khusus mungkin tidak ada, apalagi itu hanya sedikit, seperti tadi kita tes juga tidak keluar," kata Dedek Suriadi.

Baca juga: CRU sebut ada 19 kejadian konflik gajah di Aceh Jaya hingga Agustus
Baca juga: Aceh Jaya bangun pabrik kelapa sawit dengan kumpulan dana desa
Baca juga: Pemkab Aceh Jaya gandeng IPB University entaskan kemiskinan ekstrem

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024