Suka Makmue (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 yang diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas di Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin dan diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian kepada setiap kepala daerah yang mendapatkan penghargaan.

“Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang telah berkomitmen mewujudkan dan mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia,” kata Pj Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangan yang diterima di Meulaboh, Rabu.

Ia mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di Kabupaten Nagan Raya, aceh, dan berterima terima kasih kepada BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan Nagan Raya, dan jajarannya yang telah bekerja keras agar masyarakat bisa terjamin ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN.

Meski telah mendapatkan penghargaan, Fitriany meminta kepada masyarakat di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, agar tetap menjaga kesehatan dan rutin berolahraga.

Baca juga: Wapres apresiasi pemda berstatus Universal Health Coverage, dukung JKN
Baca juga: Kabupaten Sleman kembali raih penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Nagan Raya, sehingga masyarakat di daerah tersebut dengan mudah menjangkau layanan kesehatan.

Fitriany mengatakan penghargaan UHC yang diberikan Kabupaten Nagan Raya, karena daerah ini dinilai telah berkomitmen mewujudkan dan mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

UHC merupakan cakupan kepesertaan program JKN untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk, telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif, tuturnya.

Baca juga: Pasaman Barat raih penghargaan UHC Award dari Menteri Dalam Negeri

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023