Tim jejaring keamanan pangan daerah akan turun ke pasar modern maupun tradisional
Medan (ANTARA) -
Tim jejaring keamanan pangan daerah Pemkot Medan, Sumatera Utara, bakal mengawasi keamanan dan mutu pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
 
 
"Tim jejaring keamanan pangan daerah akan turun ke pasar modern maupun tradisional," ucap Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kota Medan Agus Suriyono di Medan, Selasa.
 
 
Ia mengaku telah membentuk tiga kelompok kerja (pokja) tim jejaring keamanan pangan daerah, yakni pokja jejaring intelijen pangan.
 
 
Kemudian pokja jejaring pengawasan pangan, dan pokja jejaring promosi keamanan pangan yang berkolaborasi dengan tim pengawasan dan pemantauan menjelang Idul fitri.
 
 
"Kita harapkan perangkat daerah termasuk tim jejaring keamanan pangan bisa melakukan pengawasan dan memantau secara intensif," kata Agus.
 
 
Sebab, lanjut dia, melalui kegiatan tim jejaring keamanan pangan daerah diharapkan bisa mewujudkan kondisi akan terpenuhi maupun tersedianya pangan cukup di Kota Medan.
 
 
"Terpenuhinya dan tersedianya bahan pangan yang cukup, baik dalam jumlah, mutu, aman, merata, dan terjangkau oleh masyarakat," kata Agus.
 
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Medan Gelora Kurnia Putra Ginting mengatakan, setiap personil tim merupakan perwakilan perangkat daerah terkait.
 
 
Di antaranya Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
Menurut dia, masing-masing perangkat daerah terkait akan melakukan pengawasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
 
 
"Kalau kami Dinas Ketahanan Pangan, misalnya memeriksa pangan segar, lalu asal tumbuhan kita ambil sampel dan cek," kata Gelora.
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024