Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur (Sudin KPKP Jaktim) melalui Satuan Petugas Pelaksana Kecamatan Cipayung menggelar kegiatan vaksinasi rabies terhadap 107 hewan penular rabies (HPR).
 
Vaksinasi rabies itu berlangsung selama empat hari dari Senin (25/3) hingga Kamis (28/3) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Payung Tunas Teratai, Kelurahan/Kecamatan Cipayung.
 
"Untuk pelaksanaan vaksinasi rabies di RPTRA Payung Tunas Teratai sudah berlangsung dua hari," kata Kasatpel Suku Dinas KPKP Kecamatan Cipayung Nur Hikmah di Jakarta, Selasa.
 
Menurut Nur Hikmah, vaksinasi tersebut untuk mencegah penyebaran penyakit rabies dan mempertahankan DKI Jakarta sebagai provinsi bebas rabies pada 2024.
 
"Kami ingin menjaga wilayah Jaktim, khususnya tetap 'zero rabies'," ujarnya.
 
Hari pertama vaksinasi, ada 51 HPR yang divaksinasi rabies, yakni 37 kucing, 13 anjing, dan 1 musang. Sementara hari kedua, total ada 56 HPR, dengan rincian 34 kucing, 22 anjing.
 
"Ini masih akan bertambah karena kegiatan vaksinasi masih dilakukan 'door to door' ke rumah warga," katanya. 

Baca juga: Pemprov DKI siapkan strategi jangkau seluruh hewan penular rabies
 
Nur Hikmah pun mengimbau warga di wilayah Kelurahan Cipayung yang ingin melakukan vaksinasi rabies agar datang ke RPTRA Cipayung.
 
"Kami harap warga manfaatkan waktunya karena vaksinasi ini gratis dan tidak dipungut biaya. Selain agar hewan peliharaannya sehat dan terhindar juga dari penularan rabies serta menjaga wilayah Kecamatan Cipayung tetap 'zero rabies'," ucapnya.
 
Sudin KPKP Jakarta Timur pun telah memvaksinasi 14.691 HPR sepanjang tahun 2023. Dengan rincian, anjing sebanyak 2.404 ekor, kucing 12.163 ekor, kera 79 ekor dan musang 45 ekor.
 
Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jaktim Theresia Elita mengatakan layanan vaksinasi rabies ini dilakukan rutin setiap tahunnya dengan sasaran hewan peliharaan warga sepatu kucing, anjing, kera dan musang.
 
Untuk memudahkan layanan, tambah dia, pihaknya melakukan jemput bola ke wilayah RT, RW, rumah warga, RPTRA hingga kelurahan dan kecamatan.

Baca juga: Realisasi vaksinasi rabies di DKI capai 91,45 persen dari target

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024