Salah satu segi apresiasi kepada para sineas adalah dengan menghargai bagian-bagian jaringan komunitas film yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka layak dihargai,"
Jakarta (ANTARA News) - Tiga komunitas film bersaing dalam meraih penghargaan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2013 untuk kategori Apresiasi Komunitas.

Komunitas tersebtu ialah Cinema Lovers Community dari Purbalingga, Forum Lenteng (Jakarta) dan Pecinta dan Pembuat Film Denpasar (Bali).

"Salah satu segi apresiasi kepada para sineas adalah dengan menghargai bagian-bagian jaringan komunitas film yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka layak dihargai," kata Ketua Dewan Juri AFI 2013 Totot Indarto di Jakarta, Kamis.

"Komunitas film mampu mengembangkan perfilman nasional sebagai sebuah produk budaya. Terlebih jika komunitas itu tidak hanya beraktivitas menonton saja tapi memproduksi, mendiskusikan dan mengembangkannya."

"Tim ahli sudah menyaring yang layak. Komunitas tersebut terpantau mengembangkan bukan hanya budaya nonton tapi juga membuat film. Ada pengembangbiakan dan atau membuat film secara swadaya baik untuk film dokumenter ataupun cerita," katanya.

Menurutnya, komunitas film di Indonesia ada dalam kisaran ratusan.

"Secara kelembagaan mereka hidup setidaknya dalam lima tahun terakhir berkegiatan secara konsisten. Ini memberi kontribusi untuk perfilman nasional."

Sementara itu, dalam AFI 2013 tidak ada film independen pelajar dan mahasiswa yang masuk kriteria penghargaan kategori Apresiasi Film Independen Pelajar dan Apresiasi Film Independen Mahasiswa. Alasannya, salah satu standar tidak terpenuhi yaitu durasi film yang diharuskan setidaknya mencapai 15 menit.

Para peraih penghargaan dalam AFI 2013 akan diumumkan pada Senin malam (04/11) saat Penyerahan Piala Dewantara untuk 18 kategori.(*)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013