Istanbul (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) Rusia Alexander Bortnikov pada Selasa mengatakan bahwa Badan Keamanan Ukraina harus dinyatakan sebagai "organisasi teroris".

"Kami perlu melakukan ini, tentu, ya. Saya percaya ini adalah dasarnya. Tidak hanya untuk membuat perhitungan, tetapi juga untuk membuat keputusan yang tepat," kata Bortnikov kepada wartawan di Moskow menyusul pertemuan dengan dewan Kantor Kejaksaan Agung Rusia.

Bortnikov mengatakan bahwa pimpinan di badan khusus Ukraina itu, termasuk kepala intelijen pertahanan Ukraina Kyrylo Budanov, adalah "sasaran sah" Rusia.

Dia juga menuding Amerika Serikat, Inggris, dan Ukraina berada di balik serangan yang menewaskan 139 orang pada Jumat (22/3) di Balai Kota Crocus di wilayah Moskow.

Dia mengklaim bahwa Kiev sedang mencoba untuk "membuktikan kemampuannya", oleh karena itu mereka menganggap perlu melakukan "sabotase dan aksi teroris" untuk melakukan hal tersebut, yang menurutnya merupakan tujuan dari kepemimpinan badan intelijen Ukraina dan Inggris.

Baca juga: Rusia tuduh Ukraina dalang penembakan di Crocus City Hall

Bortnikov lebih lanjut mengklaim bahwa Ukraina melakukan pelatihan terhadap "para teroris" di Timur Tengah.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa ancaman "aksi teroris" di Rusia terus berlanjut, dan mengakui bahwa AS memang memberikan informasi umum kepada Rusia tentang kemungkinan serangan teroris di negara tersebut.

Kepala Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev mengatakan bahwa lembaga-lembaga penegak hukum Rusia memiliki bukti keterlibatan Ukraina dalam serangan di gedung konser di Balai Kota Crocus.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa penembakan tersebut dilakukan oleh kelompok radikal, tetapi pertanyaan lebih spesifik dan profesional seperti tentang siapa yang memerintahkan penembakan itu masih harus dijawab.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Pengadilan Moskow tahan tersangka keempat penyerang Balai Kota Crocus

Baca juga: Putin nyatakan 24 Maret hari berkabung nasional di Rusia

Penerjemah: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024