Purwakarta (ANTARA) - Polres Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengecek jalur mudik lebaran untuk memastikan jalur di wilayahnya ini aman dan nyaman untuk dilintasi pemudik.

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain, dalam keterangannya di Purwakarta, Rabu menyampaikan bahwa pengecekan jalur mudik dilakukan di jalan arteri serta jalan tol yang berada di wilayah Purwakarta.

"Ini (pengecekan jalur mudik) sebagai persiapan menjelang musim mudik lebaran. Tujuannya agar bisa dilintasi pemudik dengan aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Polri siapkan jalur alternatif arus mudik-balik antisipasi banjir

Menurut dia, pengecekan jalur mudik ini merupakan survei yang pertama, dan selanjutnya akan dilaksanakan pengecekan jalur berikutnya.

"Jadi dalam rangka persiapan pengamanan arus mudik 2024, survei yang pertama kali kami lakukan ialah memastikan jalur mudik aman dilalui pemudik," katanya.

Sesuai dengan hasil pengecekan jalur, secara umum jalur mudik di wilayah Purwakarta sudah cukup layak untuk dilewati pemudik. Namun ada beberapa hal yang ditemui saat mengecek jalan tol.

"Kami telah lakukan pengecekan di jalan Tol Cipali KM 75 dan KM 77. Di lokasi tersebut ditemukan adanya sedikit longsoran," kata kapolres.

Atas kondisi itu pihaknya telah menyampaikan agar pengelola jalan Tol Cipali untuk melakukan perbaikan sesegera mungkin.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta memastikan seluruh jalur mudik lebaran di wilayah Purwakarta sudah dilengkapi lampu penerangan jalan umum.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Purwakarta Dian Ardiansyah menyampaikan bahwa setiap tahun pihaknya mengalokasikan anggaran untuk sarana penerangan umum.

"Sarana penerangan jalan ini sudah terpasang di sejumlah titik. Termasuk di jalur yang akan dilintasi para pemudik pada musim mudik lebaran tahun ini," katanya.

Menurut dia, penerangan jalan di wilayah Purwakarta terbagi dalam berbagai kategori. Di antaranya penerangan jalan umum (PJU), penerangan jalan lingkungan (PJL), penerangan lampion karakter, dan penerangan lampion tirai.

Khusus untuk penerangan jalan yang menjadi kewenangan instansinya, sejak 2012 lalu itu sudah terpasang 3.943 titik kategori penerangan jalan lingkungan (PJL).

Kemudian, untuk penerangan karakter jumlahnya ada sekitar 358 titik. Salah satunya, tersebar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Selain PJU karakter, ada juga penerangan dengan hiasan lampion tirai. Untuk penerangan jenis ini, ada 95 titik yang tersebar di jalur perkotaan. 

Baca juga: DKI perketat pengawasan takaran dan ukuran SPBU di jalur mudik
Baca juga: Polres Bogor sediakan 10 bus Program Mudik Gratis jalur selatan-utara

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024