Wayne (Rooney) dan Robin (van Persie) bakal tampil sebagai predator yang haus gol. Keduanya siap membuktikan asa itu kepada seluruh dunia
London (ANTARA News) - Manchester United (MU) wajib mendapat kredit penuh dari "sistem kredit semester" (SKS) dengan kuliah bertajuk tips jitu memenangi setiap laga bila ingin tidak ingin mengulang mata kuliah yang sama di semester depan.

Ya, layaknya mahasiswa yang ingin sukses di medan perkuliahan, begitu pula pasukan "The Red Devils" berusaha melek dengan fasih mengeja kemenangan demi kemenangan.

Syaratnya, pasukan asuhan pelatih David Moyes tidak melempem ketika menghadapi Fulham dalam pertandingan Liga Inggris (Premier League) yang digelar di Stadion Craven Cottage pada Sabtu, pukul 22.00 WIB. Pertandingan akan ditayangkan stasiun televisi Indosiar.

Memasuki dan menjalani musim ini, Patrice Evra dan kawan-kawan terus diusik gundah. Mereka hanya menuai empat kali menang dari sembilan pertandingan awal.

Banyak kalangan bergunjing bahwa Moyes tidak becus. Ini lantaran pasukan MU telah mengenyam kekalahan memilukan di kandang sendiri dari West Bromwich Albion (WBA) pada 29 September lalu.

United melawat ke markas Fulham dengan penuh harap membukukan kemenangan. Tidak hanya itu, mereka tidak ingin melewati gulita malam kekalahan, meski asa itu tidak mudah layaknya membalik telapak tangan.

Rooney bersama konco-konconya telah dinanti Sociedad di Anoeta dan menerima kunjungan Arsenal di Old Trafford.

Jelas bahwa United kini jauh dari mentereng, karena ketinggalan delapan poin dari pemimpin klasemen Liga Inggris yang kini ditempati Arsenal.

Perjalanan United penuh onak dan bebatuan. Sebagai juara Liga Inggris musim lalu, United perlu berjuang ekstra keras untuk menundukkan Stoke City 3-2 pekan lalu.

Dan Moyes berkunjung ke Craven Cottage dengan penuh kepercayaan diri, karena dibekali amunisi yang siap meneror lawan, sebut saja Robin van Persie, Wayne Rooney dan Javier Hernandez sebagai sederet striker yang haus gol.

Sebaliknya, tim asuhan pelatih Martin Jol layaknya milisi yang baru kalah perang, mereka tertunduk karena kebobolan dua gol tanpa balas oleh Southampton dalam pertandingan Liga Inggris pekan ini.

Pelatih asal Belanda itu mengakui punya pekerjaan rumah yang relatif rumit membenahi lini depan. Ini saatnya menunjukkan bahwa ada kemajuan berarti, karena lawan yang dihadapi skuad nomor wahid. Tekad geng asuhan Jol satu saja, yakni merepotkan barisan pertahanan skuad asuhan Moyes.

Pasukan Jol tidak ingin lengah dengan asyik menyerang lawan. Pemain bertahan Brede Hangeland kembali memperkuat Fulham setelah absen dalam dua pertandingan terakhir, meski pemain depan Hugo Rodallega yang dibekap cedera bahu masih diliputi tanda tanya apakah akan diturunkan dalam pertandingan kali ini.

Manchester United boleh bersukacita. Duet bek sarat pengalaman, Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand diharapkan dapat memperkuat timnya melawan Fulham.

Gawang kawalan David De Gea bukan tanpa kesulitan. Dea Gea sudah kebobolan 12 kali. Ia senantiasa memungut bola dalam gawangnya di lima laga pamungkas.

Komentar dua pelatih:

Martin Jol (Fulham):
"Sebagaimana layaknya pertandingan di Liga Inggris lainnya, jika anda tidak beroleh hasil positif, maka anda menuai kritik. Anak asuhan saya tahu persis bahwa mereka harus tampil ofensif. Mereka akan bertekad mewujudkan hal itu dengan mengerahkan asa seratus persen."

"Pekan lalu United meraih 11 poin, dan kami 10 poin. Ini artinya, ada sesuatu yang perlu anda hitung secara lebih cermat ketika berhadapan dengan Manchester United."

"Kami menghadapi setiap laga dengan kesungguhan hati. Sebagai contoh, ketika melawan Real Sociedad, toh mereka mampu mencetak gol. Nah, jika anda hanya mencetak satu gol maka itu artinya anda berada di bawah tekanan, dengan begitu anda perlu lebih berinisiatif."

"Tentu saja, kami tidak akan menguasai pertandingan selama 90 menit, meski kami terus mencoba berbuat yang terbaik setelah kami kalah dari Southampton pekan lalu. Kami ingin berbuat sebaik mungkin, dan saya beranggapan bahwa kami mampu berbuat lebih baik lagi."

"Saya pikir bahwa kami mampu membuat Craven Cottage gempar bergemuruh. Rasanya sedikit ganjil kalau kami tidak mampu menang di kandang sendiri."

David Moyes (Manchester United):
"Wayne (Rooney) dan Robin (van Persie) bakal tampil sebagai predator yang haus gol. Keduanya siap membuktikan asa itu kepada seluruh dunia."

"Saya beranggapan bahwa kedua pemain itu siap tempur dan siap tampil sebaik mungkin. Saya benar-benar yakin, dan saya menyaksikan hal itu. Mereka tampil sebagai pemain sarat talenta berkelas dunia, yang mampu mencetak. Sebagai pemain bola profesional, mereka mampu diturunkan di berbagai posisi karena mereka punya kemampuan mumpuni."

"Saya ingin senantiasa melihat ke depan, dan menaruh harapan kepada skuad ini. Mereka tahu cara menundukkan setiap lawan, karena mereka memang mampu."

Prakiraan susunan pemain:
 
Fulham (4-4-1-1):
Stekelenburg (penjaga gawang); Riether, Senderos, Amorebieta, Richardson; Sidwell, Parker; Ruiz, Berbatov, Kasami; Bent

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang); Smalling, Jones, Vidic, Evra; Januzaj, Carrick, Cleverley, Kagawa; Rooney, van Persie

Anatomi kedua tim:

* Fulham mampu menjaringkan empat gol dengan memanfaatkan tendangan sudut dalam laga musim ini.
* Manchester United tidak terkalahkan dari 11 laga kandang di ajang Liga Inggris yang digelar di London. Kekalahan terakhir mereka alami pada Mei 2011 di Arsenal.
* Fulham belum pernah menang dalam lima laga melawan United di ajang Liga Inggris.   
* Baik Fulham maupun United sama-sama telah kebobolan 12 gol di ajang Liga Inggris musim ini.
* United telah mengoleksi 21 kartu kuning selama musim ini.
* Wayne Rooney telah menjaringkan atau mengirim assist dalam 11 gol dalam 15 pertandingan tandang. Robin Van Persie telah menjaringkan enam gol dalam tujuh pertandingan tandang Liga Inggris. Jumlah keseluruhan, Van Persie telah mengoleksi 16 gol dalam 22 laga tandang bersama Manchester United.           
* Fulham hanya mampu mencetak empat gol dalam empat laga mereka yang digelar di Craven Cottage musim ini.       
* United kini mengemas 14 poin setelah melakoni sembilan laga selama musim ini. Musim 2012/13, mereka mampu membukukan 21 poin dalam sembilan laga pertama.

Prediksi hasil laga (Goal.com):    

* Fulham 1-3 Manchester United (22,83 persen)
* Fulham 0-3 Manchester United (16,31 persen)
* Fulham 0-2 Manchester United (14,3  persen)

Head to Head:

England Premier League (EPL)
 3 Feb 2013     Fulham 0 - Manchester United 1     
25 Aug 2012     Manchester United 3 - Fulham 2     
27 Mar 2012     Manchester United 1 - Fulham 0     
22 Dec 2011     Fulham 0 - Manchester United 5     

England - FA Cup (FA)
27 Jan 2013     Manchester United 4 - Fulham 1     

Lima laga terakhir:    

Fulham
30 Oct 2013    Leicester City 4 - Fulham 3    CCUP
27 Oct 2013    Southampton 2 - Fulham 0    EPL
22 Oct 2013    Crystal Palace 1 - Fulham 4    EPL
 5 Oct 2013    Fulham 1 - Stoke City 0    EPL
28 Sep 2013    Fulham 1 - Cardiff 2    EPL

Manchester United
30 Oct 2013    Manchester United 4 - Norwich City 0    CCUP
26 Oct 2013    Manchester United 3 - Stoke City 2    EPL
24 Oct 2013    Manchester United 1 - Real Sociedad 0    UCL
19 Oct 2013    Manchester United 1 - Southampton 1    EPL
 6 Oct 2013    Sunderland 1 - Manchester United 2    EPL


Narasi prediksi:
* Kepercayaan diri pasukan United mulai tumbuh subur, setelah mereka mampu membalikkan keadaan dengan mengalahkan Stoke City. Bara semangat serupa bakal dikobar-kobarkan manakala melawan Fulham.

* Martin Jol bukan pelatih kemarin sore. Ia punya segudang pengalaman, hanya saja ketajaman Fulham sebagai tim masih memerlukan perbaikan sana-sini.

* Moyes punya kemampuan memotivasi tim, sebagaimana ia tunjukkan ketika membesut Everton. Ia tidak ingin terantuk di Craven Cottage.

* Lini pertahanan United perlu mewaspadai pergerakan Berbatov.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Fulham: 0
Manchester United: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013