Kunjungan tersebut juga merupakan kelanjutan diskusi antara CMF dan TNI Angkatan Laut untuk memperkuat hubungan dan memajukan tujuan bersama.
Jakarta (ANTARA) - Komandan Satuan Tugas Gabungan 150, Kapten (AL) Collin Matthews melakukan kunjungan ke Indonesia pada 27-28 Maret sebagai bagian dari Pasukan Maritim Gabungan (Combined Maritime Forces/CMF).

"Kunjungan ini merupakan langkah berharga dalam mengembangkan hubungan antara Pasukan Maritim Gabungan dan mitra kami di Indonesia," kata Matthews di Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, Kamis.

CMF merupakan kemitraan maritim multinasional yang melawan aktor non-negara ilegal di laut lepas dan mempromosikan keamanan, stabilitas dan kemakmuran di sekitar 8,3 juta kilometer persegi perairan internasional yang meliputi jalur pelayaran terpenting di dunia.

Sedangkan Mandat Satuan Tugas Gabungan (CTF) 150 adalah mempromosikan kondisi keamanan dan stabilitas di lingkungan maritim dengan membasmi aksi teroris dan kriminal.

Matthews menjelaskan bahwa kunjungan tersebut juga merupakan kelanjutan diskusi antara CMF dan TNI Angkatan Laut untuk memperkuat hubungan dan memajukan tujuan bersama.

"Kunjungan ini memungkinkan kami melakukan diskusi bermakna tentang kepentingan bersama dalam menggagalkan dan menghalangi organisasi kriminal dan teroris di laut," katanya.

Melalui kunjungan tersebut ditekankan pula komitmen bersama untuk mempromosikan perdamaian, ketahanan dan keamanan di kawasan seiring dengan implementasi Strategi Indo-Pasifik Kanada.

Lebih lanjut, Matthews juga mengatakan bahwa Angkatan Laut Indonesia memiliki banyak pengalaman sehingga mempunyai pengetahuan luas seputar Samudera Hindia.

Sementara itu, Atase Pertahanan Kanada untuk Indonesia Kolonel Stewart Taylor mengatakan bahwa Kanada menyadari perlunya mempromosikan perdamaian, ketahanan dan keamanan di laut.

"Satgas Gabungan 150 pimpinan Kanada merupakan salah satu contoh bagaimana kami berkontribusi dalam menjaga tatanan internasional berbasis aturan," katanya.

" Sebuah nilai yang kami miliki bersama rekan-rekan kami di Indonesia".

Baca juga: Uni Emirat Arab mundur dari Pasukan Maritim Gabungan pimpinan AS
Baca juga: Koalisi pimpinan Arab Saudi amankan pelayaran Teluk Bab al-Mandab

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024