Jakarta (ANTARA) - Memasuki bulan suci Ramadhan 2024, tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para teman-teman Muslim. Suasana khidmat berpuasa selama sebulan penuh dan ditutup dengan perayaan kemenangan menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024 atau 1445 Hijriah pada 10-11 April mendatang.

Bagi umat Muslim, Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT, serta memperkuat solidaritas dan kepedulian sosial terhadap sesama.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana berpuasa tidak akan lengkap tanpa tradisi satu tahun sekali yang satu ini. Apalagi kalau bukan acara mempererat tali silaturahmi antar sesama yang biasanya terlaksana melalui acara ‘Bukber’ atau Buka Bersama. 

Tradisi 'Bukber' telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia saat bulan Ramadhan tiba. Namun, sampai hari ini tidak diketahui secara pasti, oleh siapa dan sejak kapan tradisi buka bersama ini dilakukan.

Walaupun identik dengan bulan Ramadhan, sayangnya tradisi ini bukan merupakan ajaran dalam agama Islam yang wajib dilakukan. Melainkan lebih kepada kebiasaan masyarakat timur untuk makan bersama-sama dengan keluarga dan kerabat terdekat.

Hal ini dapat terlihat dari berbagai tradisi-tradisi lama yang sudah ada di Indonesia seperti Meugang di Aceh, Nyorog di Betawi, Megibung di Bali, dan Megengan di Jawa Timur. 

Meskipun asal-usul pasti tradisi Bukber sulit untuk dipastikan, namun tradisi ini telah menjadi bagian penting dari budaya Ramadhan di Indonesia.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini tradisi bukber diselenggarakan dalam berbagai skala sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat. Mulai dari bukber kecil-kecilan bersama keluarga dan kerabat dekat biasanya diadakan di rumah.

Kemudian, ada juga bukber dengan teman atau rekan kerja dalam skala yang lebih besar, yang seringkali diadakan di restoran atau cafe lokal. Bahkan, ada juga bukber berskala besar yang dihadiri oleh mitra dan kolega bisnis, yang umumnya diadakan di restoran berbintang atau hotel.

Jika Anda saat ini sedang menimbang-nimbang venue yang cocok untuk acara bukber Anda, Anda dapat mencoba Buffet buka puasa yang disuguhkan oleh Oakwood Suites Kuningan Jakarta.

Ragam hidangan yang disajikan dalam Buffet ini akan membawa Anda serasa berkeliling dunia lewat menu yang dihidangkan. Mulai dari masakan tradisional hingga internasional seperti soto, ayam bakar madu, takjil khas bulan Ramadhan, hingga sukiyaki, shawarma dan berbagai menu lainnya siap menemani buka puasa Anda.

Selain itu harga yang dibanderol untuk setiap orang juga sangat terjangkau yakni Rp 349.800,- nett. Anda dapat menikmati suasana buka bersama yang menyenangkan di Pastis Restaurant atau Gulawatu Restaurant. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjalankan ibadah shalat maghrib dan tarawih karena Oakwood Suites Kuningan Jakarta juga menyediakan mushola yang terletak di lantai B1. 

“Buffet buka puasa ini sengaja kami rancang untuk memudahkan teman-teman dalam memilih venue buka bersama yang menyenangkan. Tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang memanjakan lidah, kami juga ingin menjadi bagian dari hangatnya momen kebersamaan Anda dengan keluarga, teman dan sahabat tercinta.” ujar Bapak Paundra Hanutama, selaku Director of Marketing Oakwood Suites Kuningan Jakarta. 

Menu Buffet buka puasa ini tersedia eksklusif selama bulan Ramadhan mulai dari pukul 18.00 - 22.00 WIB di Pastis Restaurant atau Gulawatu Restaurant. Nikmati momen berbuka Anda lengkap dengan pemandangan kolam renang dan vertical garden hanya di Oakwood Suites Kuningan Jakarta. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024