Kapal KM Sabuk Nusantara 115 tiba hari ini dengan pelayaran dari Surabaya, Jawa Timur
Ternate (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Orotitas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, menerima satu kapal perintis bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Kamis (28/3) yang tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

"Kapal KM Sabuk Nusantara 115 tiba hari ini dengan pelayaran dari Surabaya, Jawa Timur," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari KSOP Kelas II Ternate, Hasbi Djuba di Ternate, Kamis

Kapal KM Sabuk Nusantara 115 merupakan kapal perintis yang akan menggantikan KM Kie Raha 02 untuk beroperasi di kawasan daerah Terluar, Terpencil dan Tertinggal serta Perbatasan (3TP) di wilayah Maluku Utara.

Dia mengatakan, KM Kie Raha 02 selama ini beroperasi di provinsi kepulauan itu, tetapi kapal tersebut mengalami kerusakan, sehingga digantikan dengan Sabuk Nusantara 115 yang dikirim oleh Kemenhub melalui Surabaya.

"KM Kie Raha 02 sudah tua, sehingga ditarik oleh Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Laut," kata Hasbi.

Dia menjelaskan, KM Sabuk Nusantara 115 akan mulai beroperasi pada 3 April 2024 mendatang dengan trayek yang ditentukan.

"Pelayaran dimulai dari Ternate ke Pulau Batang Dua, Kemudian Bitung, Sulawesi Utara," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, kapal tersebut kembali ke Ternate dan melanjutkan pelayaran ke Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat, Kepulauan Loloda di Kabupaten Halmahera Utara.

"Setelah dari Pelabuhan Dama di Kepulauan Loloda, kemudian ke wilayah pelosok, Kabupaten Halmahera Timur dan Halmahera Tengah,"ujarnya.

Kapal KM Sabuk Nusantara 115 ini, lanjut Hasbi, bisa mengangkut penumpang 285 orang dan bisa membawa kargo sebanyak 400 ton.

Dia menambahkan, kapal perintis ini juga akan menjadi salah satu moda transportasi laut yang disiapkan oleh KSOP Kelas II Ternate untuk angkutan Mudik Lebaran 2024.

Baca juga: KSOP Ternate lakukan sistem pelayaran buka-tutup hadapi cuaca ekstrem
Baca juga: KSOP Ternate sosialisasi harga tiket kapal perintis

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024