Riyadh (ANTARA News) - Empat orang cedera Sabtu karena kebakaran ketika terjadi kerusuhan narapidana di satu penjara Arab Saudi utara dalam jam kunjungan mingguan, kata seorang juru bicara pihak penjara.

Kantor berita pemerintah Arab Saudi SPA yang mengutip pernyataan pejabat itu mengatakan, pihak berwenang telah memulihkan keamanan sementara para petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api

"Dua anggota keamanan dan dua narapidana cedera dan telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan yang diperlukan," kata SPA tentang insiden di penjara Buraidah itu.

Juru bicara itu tidak merinci lebih jauh dan penyebab kebakaran itu tidak jelas.

"Pihak berwenang telah mulai menyelidiki penyebab kebakaran dan kerusuhan itu," katanya.

Laman berita Arab Saudi www.sabq.org mengatakan suara-suara tembakan dilaporkan dalam kerusuhan itu.

SPA mengutip sumber-sumber di ruah sakit Raja Fhad penjara Buraidah yang mengatakan dua narapidana telah dirawat akibat luka-luka tembak, sementara dua personel keamanan diobati akibat memar dan telah meninggalkan rumah sakit.

Seorang wanita yang bekerja di penjara itu juga masuk rumah sakit karena mengalami sesak nafas, katanya.

Pejabat penjara Arab Saudi tidak menyebut penembakan itu. Penduduk lokal mengatakan kerusuhan itu terjadi pada satu fasilitas di bagian tua ibu kota Provinsi Al-Qassim di mana para narapidana dipenjarakan karena terlibat kejahatan.

Para tahanan dipenjarakan karena melakukan pelanggaran keamanan atau terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik anti-pemerintah dan ditempatkan pada satu fasilitas yang berbeda dari lokasi kerusuhan itu, kata mereka, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-RN/F001)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013