Pemilihan adat Betawi dan Kalimantan Timur pun dipilih sebagai simbolis mengantar pindahnya ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur
Jakarta (ANTARA) - Hubungan Masyarakat (Humas) Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie mengatakan dekorasi yang dipilih untuk menghiasi perayaan Tri Hari Suci Paskah di Gereja Katedral Jakarta tahun ini mencerminkan cinta Tanah Air.

“Tema dekor untuk Paskah kali ini, Katedral berkomitmen mendukung terus bagaimana kita cinta Tanah Air dengan kita menampilkan tradisi-tradisi Indonesia,” katanya kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Cinta Tanah Air dalam dekorasi Gereja Katedral Jakarta dalam perayaan Paskah kali ini terlihat dari pemilihan ornamen-ornamen yang dibalut dengan ciri khas daerah-daerah di Indonesia.

Hal itu di antaranya tercermin dari banyaknya patung-patung di Gereja Katedral Jakarta yang dibalut dengan pakaian-pakaian adat asal Betawi dan Kalimantan khususnya Suku Dayak Kalimantan Timur.

Selain itu, di Gereja Katedral Jakarta juga terdapat rumah adat Betawi yaitu rumah Kebaya atau rumah Bapang dan rumah adat Suku Dayak yaitu Rumah Lamin.

Pemilihan adat Betawi dan Kalimantan Timur pun dipilih sebagai simbolis mengantar pindahnya ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Pemilihan adat Betawi karena saat ini ibu kota Indonesia berada di Jakarta sedangkan Kalimantan Timur dipilih karena ibu kota akan berpindah ke IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kami menggunakan dua dekorasi yaitu Betawi dan IKN Kalimantan. Itu untuk mengantar bahwa ibu kota Jakarta akan beralih ke IKN,” katanya.

Susy mengatakan dari beberapa dekorasi dan ornamen yang ada pada perayaan Paskah 2024 sebenarnya telah digunakan pada momen-momen seperti Natal tahun lalu.

Pihak Gereja Katedral tetap memanfaatkan dekorasi dan ornamen yang sudah pernah dipakai agar tidak menimbulkan sampah baru dan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya daur ulang.

Baca juga: Katedral Jakarta sediakan 2.700 kursi untuk jemaat ibadat Jumat Agung
Baca juga: Ratusan jemaat ikuti prosesi Jalan Salib Jumat Agung di Katedral
Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan ratusan personel di dua gereja saat Paskah

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024