"Tidak ditemukan kecurangan takaran di SPBU dan mesin dispenser yang dipakai tidak juga ditemukan alat tambahan untuk melakukan kecurangan,"
Jambi (ANTARA) - Ditreskrimsus Polda Jambi bersama Pertamina dan Balai Meteorologi Kota Jambi inspeksi mendadak (sidak) sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) guna memastikan tidak adanya kecurangan dalam pengisian BBM.

Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jambi AKBP Reza Khomeini dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Jumat, mengatakan Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jambi bersama Pertamina dan Balai Meteorologi mengambil Sampel dari tiga SPBU di Kota Jambi meliputi SPBU Nusa Indah, Simpang Rimbo dan Mayang.

Dalam sidak tersebut, tim mengecek langsung takaran BBM dalam bejana ukuran 20 liter. Dari sidak itu, tidak ditemukan kecurangan dari sistem dispenser pengisian BBM.

"Tidak ditemukan kecurangan takaran di SPBU dan mesin dispenser yang dipakai tidak juga ditemukan alat tambahan untuk melakukan kecurangan," kata Reza.

Selain mengecek dispenser BBM dari Pertamina juga memastikan mesin dispenser pengisian dalam kondisi normal dan tidak ditemukan alat-alat yang dimodifikasi.

Reza Khomeini mengatakan sidak Ini dilakukan guna mengantisipasi kecurangan takaran dan memastikan kualitas BBM yang akan disalurkan ke masyarakat tidak tercampur dengan bahan apapun.

"Tiga SPBU yang disidak hari ini juga dalam rangka menghadapi mudik lebaran 2024," kata dia.

Adapun sampel BBM yang diambil meliputi Pertalite, Bio Solar, Dexlite disegel dan selanjutnya akan dikirim ke laboratorium di Jakarta untuk memastikan kualitasnya.

"Dari Pertamina juga menyampaikan kalau untuk penambahan pasokan BBM Pertamina sudah siap untuk kelancaran mudik lebaran masyarakat," kata Reza.

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024